Thursday, 10 November 2016

KB Implan

Alhamdulillah hari ini aku memutuskan untuk KB, aku KB di puskesmas, dan sekalian jadwal Sakti imunisasi, yak tepat hari Kamis, 10 November 2016 untuk pertama kalinya merasakan ditusuk-tusuk jarum susuk, atau KB Implan, awalnya mau KB suntik 1 bulan karna pengalaman setelah lahiran anak kedua KB suntik 3 bulan malah ngeflek, tambah kurus, tambah jelek, muka kusem, akhirnya dilepas dan taraaa jadilah Sakti, hehe.. Tapi bidan di Puskesmas nggak nyaranin karna khawatir pengaruh ke ASI. 

Tentang KB implan ini belum terpikirkan sebelumnya, sempat membaca hukumnya di kitab fiqh tentang KB susuk, ternyata boleh :) aku dan suami konsultasi tentang beberapa KB, bidan di puskesmas menyarankan 3 jenis KB, KB suntik 3 bulan, IUD atau Implan, KB suntik 3 bulan sudah aku blacklist karna tidak cocok di tubuhku, KB IUD aku tolak karna keburu parno duluan nemuin kasus Ibu yang IUDnya masuk ke rahim dan harus oprasi, meskipun bidan bilang kasus itu sangat kecil sekali kemungkinannya, bahkan bidan mengatakan sudah 25 tahun melayani pasien KB IUD dan tidak ada yang gagal, tapi yah itu tadi keburu parno duluan, hihii.. 

Daaan jatuhlah pilihan kami pada KB implan, bidan bilang KB implan tidak mempengaruhi menstruasi, artinya tetap lancar haidnya, jangka panjang sampai 3 tahun, tidak berpengaruh pada ASI dan tidak berpengaruh pada berat badan, padahal aku bilang ke bidan pingin KB yang bisa bikin gemuk, bubid bilang kalau pingin gemuk jangan beres-beres rumah, santai-santai aja sama shopping terus, bener juga sih, hahaha.. 

Sebelum dimasukkan susuk ke lenganku, diukur dulu panjang jarum pake bolpoin trus bidan mulai kasih titik-titik yang pas buat calon penghuni lengan atas  lalu disuntik bius dan dimasukkan jarum susuknya, jangan tanya bentuknya gimana, prosesnya gimana, diapain aja, orang aku horor duluan, jadi selama proses pasang jarum aku merem  pas udah selesai baru berani buka mata, cemen banget, haha.. Gak sakit kok, 3 menit selesai, ya iyalah gak sakit orang dibius  

Setelah selesai baru deh si Sakti disuntik imun 3 bulan, bb 7,2 kg alhamdulillah, dan tidak ada demam setelah disuntik sebagaimana suntikan 1-2 bulan kemarin, jadi gak perlu dikasih paracetamol, oh ya bubid bilang setelah dimasukin jarumnya bakalan memar atau bengkak, dikasih obat asam mefenamat untuk anti nyeri, alhamdulillah gak nyeri meskipun bengkak sedikit.. Berharap tidak ada efek samping yang merugikanku dalam KB Implan ini, aaamiiin.. Next insya Allah aku bahas lagi efek sebulan memakai KB Implan :)

Oh ya, ini aku sertakan video Pemasangan KB Implan dalam bentuk 3D dari youtube

Share:

0 comments:

Post a Comment

Monggo Pesan dan Kesannya

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com