Monday, 29 August 2016

Selapan

Moms n readers, yang tinggal di Jawa pasti familiar dengan beberapa adat dan mitos orang Jawa, dan mitos itu seperti mengikat dan harus dipatuhi, terutama bagi wanita, mulai dari mitos anak perawan, sampai jadi manten, sampe hamil, melahirkan bahkan menyusuipun ada beberapa mitosnya, aku gak mau melebar kemana-mana, aku mau fokus yang bakal aku bahas disini, tentang adat dan mitos selapan, apa sih selapan itu? Selapan adalah masa setelah melahirkan bagi seorang ibu kurang lebih 40 hari lamanya, nah apa saja yang dilakukan seorang ibu pada masa selapan? Kalau di tempatku (aku tinggal di Surabaya-Mojokerto dan emak masih kekeh dengan adat selapan) berdasarkan pengalamanku, selapan ini berisi adat sebagai berikut, ini sekalian aku jelaskan yang aku pakai dan aku tinggalkan sesuai kemantapan hati yaa, jadi tidak semua aturan orang tua dahulu aku pakai:

1. Setelah melahirkan tidak boleh tidur siang (aku gak ikut adat ini, kalau bayi tidur aku juga tidur untuk mengembalikan kekuatanku jadi harus banyak istirahat) 

2. Setelah melahirkan harus minum jamu selama 40 hari (aku gak ikuti ini, sesekali aja minum jamu karna aku punya riwayat sakit lambung jadi gak kuat kalau minum jamu yang kentel gitu) 

3. Setelah melahirkan harus wuwung (keramas dan memasukkan air ke mata)  (yang ini aku lakuin, apalagi kalau wuwung di atas jam 12 malam, seger banget) 

4. Setelah melahirkan harus memakai kendit/tempong (ya, aku mengikuti adat ini, perut rasanya singset, haha ) 

5. Setelah melahirkan kakinya tidak boleh dilipat, posisi kaki harus selalu lurus (yang ini gak bisa sih istiqomah lurus terus, pegel) 

6. Setelah melahirkan tidak boleh keluar rumah selama 40 hari (yang ini gak cuma agenda selapan sih, aku kan dulunya anak rumahan, sekarang istri rumahan, hehehe) 

7. Setelah melahirkan tidak boleh makan rawon, ikan laut, tidak boleh minum air putih terlalu banyak, harus makan yang kering-kering (waaaah aku pemakan segala, biar asi banyak, tapi aku perhatikan riwayat alergi anak fan alhamdulillah tidak ada alergi, jadi semuanya disikat habiss sehari makan 4-6 kali, belum termasuk ngemil, hehe) 

8. Setelah melahirkan tidak boleh duduk di bawah (yang ini aku ikuti karna duduk di bawah setelah dijait itu sakit) 

9. Bayi rawan terkena sawan, kalau di tempatku ada sawan angin, sawan batang dan sawang-sawang lainnya yang aku gak hafal, sejauh ini aku kurang bisa faham tentang persawanan, tapi pernah baca artikel sawan itu gejala-gejalanya kalau di dunia medis  sama seperti growth spurt, jadi anak demam, rewel, manja, maunya menyusu terus, nempel terus dama orang tua, dsb, alhamdulillah bayiku sehat, jauh dari sawan..  

Nah, ada yang bisa menambah mitosnya apa aja?
Share:

0 comments:

Post a Comment

Monggo Pesan dan Kesannya

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com