Sunday, 10 November 2013

Hamil dan Nursing While pregnant (Menyusui Ketika Hamil)

Aku jadi bingung, emhh.. blog ini kan blog khusus tentang Adib, dan sekarang aku cerita yang lain.. gak papa deh.. maaf yah Mas Adib numpang cerita tentang ibu di blognya Adib ^^v

Jadi begini, Adib sudah lulus Asi Eksklusif.. Lalu berlanjut pada MPASI.. menurut ilmu kedokteran, ibu yang memberikan ASI Eksklusif akan mendapatkan KB Alami karna Asi Eksklusif menghasilkan hormon yang mencegah seorang ibu untuk hamil lagi, dan aku membuktikan hal itu meskipun aku dan suami sudah memutuskan untuk tidak ber-KB, selepas ASI Eksklusif dan menjalani MPASI selama 3 minggu, itu artinya usia Adib sekrang 6 bulan 3 minggu, tiba-tiba ada yang aneh dari tubuhku, terutama siklus haid, ya.. aku tidak lagi mendapatkan haid yang seharusnya aku dapatkan pada tanggal 24 oktober kemaren, telat 5 hari aku mulai curiga, aaah jangan-jangan aku hamil lagi, bergegas membeli Tespack, subuh hari aku tes ternyata hasilnya (-), oke deh.. Galau kembali datang saat sampai 7 hari aku belum mendapat tamu bulanan, saking penasarannya aku tespack lagi, hasilnya tetap sama (-), hari ke 10 lagi-lagi masih telat datang bulan, hmm tampaknya gangguan hormon, begitu awalnya pikirku, lalu aku curhat pada temanku tentang masalah 'kewanitaan', ternyata dia pernah memiliki pengalaman tespack 3x negatif sampai akhirnya di hari 19 telat haid tespack baru positif, entah.. ada sedikit harap yang terselip di keterlambatan tamu bulanan, namun aku gak begitu berharap, takut kecewa seperti tespack sebelumnya..

Di hari ke 12, aku beli tespack yang harganya lebih mahal jauh dengan tespack yang sebelumnya, karena katanya 'akurat 99,9%' -____- aku coba lagi tes, dan hasilnya tetap sama: negatif, aaaah.. aku berfikir, mungkin Tuhan menyuruhku untuk lebih konsentrasi menjaga Adib, don't to milk alias ojo keSUSU.. Hari ke 13 aku sangat-sangat penasaran juga bingung ada apa denganku? sudah 13 hari tidak kunjung datang bulan tapi tes selalu negatif, kehamilan Adib dulu hanya telat seminggu sudah menunjukkan garis 2 terang, lalu malam harinya aku bermunajat pada Tuhan, melakukan solat hajat, memohon petunjuk kepadaNya, "Allah.. sekiranya aku akan haid, segerakan haid, sehatkan aku.. sekiranya ketrlambatanku adalah karena aku hamil, segerakan Engkau beri pertanda agar aku tau lebih awal ya Allah...".. Besok subuh aku bangun dengan siap-siap untuk tes kehamilan yang ke-4, kali ini dengan tespack yang lumayan mahal :p dan SUBHANALLAAAH.. 2 garis saudaraaaa meskipun garis satunya samar, segera suami aku kabari, dia begitu gembira dan sampai tidak jadi tidur selepas semalaman begadang :D aha ahaa.. Ini artinya KESUNDULAN kalau menurut orang jawa, lalu bagaimana dengan Adib yang usianya masih 7 bulan? Kami berdua tiba-tiba hening, terdiam, berfikir.. dan mencoba memahami takdir Allah, juga sedikit tidak tega dengan Adib, bismillaaah.. amanah ini yang memberikan adalah Allah.. Sudah pasti semuanya diatur oleh Allah, toh dalam islam ada istilah al-Ghiilah atau Nursing While pregnant (NWP)/Tandem Nursing yaitu menyusui ketika hamil, awalnya Rasulullah dulu melarang hal ini, tapi ketika melihat bangsa romawi melakukan NWP dan anaknya baik-baik saja maka Rasul memperbolehkan, sebagai referensi lain, ibunya temen aku kesundulan terus sampai 7x dan selalu menyusui ketika hamil, hasilnya: sekarang ke7 anaknya sehat, cerdas, sempurna tidak ekkurangan satu apapun, lalu baca bebrapa reerensi di mbah gugel tentang ibu-ibu yang tandem nursing, emreka semua sukses, adapun yang mengatakan asi saat hamil tidak bagus untuk bayi adalah mitos semata, beruntungnya alternatif langganan keluargaku mendukung untuk tetap menyusui, hanya saja sekali-kali diberi jus buah untuk membantu nutrisi si kakak.. leganyaa.. berjuta-juta syukur..

Besoknya aku dan suami pergi ke dokter kandungan di RSI Sakinah Mojokerto, di USG.. ternyata sudah ada janinnya, usia kandungan 6 minggu 3 hari.. Alhamdulillah.. aku konsultasi dengan dokter kandungan, dokter bilangnya tidak masalah menyusui ketika hamil karna tidak memiliki riwayat keguguran atau prematur, tapi jika sampai 7 bulan menyusui dihentikan untuk mencegah adanya kontraksi, aaah lega rasanya bisa memberikan yang terbaik untuk Adib dan adiknya :) pesen dokter tetap sama, jaga asupan makanan karena makanan yang dikonsumsi untuk 3 orang, kalau bisa tiap 2 jam harus makan atau cemilan yang sehat..

USG 1 6w3d
Dan benar, memang Allah Maha Adil, mengatur semuanya.. Kehamilanku yang kedua kali ini aku tidak merasakan mual dan muntah sedikitpun.. sehingga aku bisa menyukseskan NWP (menyusui ketika hamil).. Aku bahagiaa dan menikmatinyaa..
Share:

29 comments:

  1. wuah...selamat yah...semoga kandungannya, ibunya, dan kakaknya sehat selalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... jangan lupa kang kiriman ubinya ditunggu sama bundamawarmerah ... hehehe

      Delete
    2. sedang dalam proses pengepakan, tunggu azh paketnya dipertigaan yey...;o)

      Delete
    3. makasih mang ubii.. amiiiin.. betul tuh apa kata mang yono, ditunggu paketan ubinya :p

      Delete
  2. selamat ya Mbak.. semoga sehat selalu agar bisa optimal menyusui maupun sedang mengandung

    ReplyDelete
  3. selamat deh.. semoga kandungan nya sehat, mas adib juga tambah ceria tentunya, kan mau punya dedek baru... sepertinya anak yang sekarang cewek hehehe... kelihatan pas di Tespack malu - malu, sampai tiga kalai Tespack heiheihei

    ReplyDelete
    Replies
    1. mhahahaa.. atau masih sungkan sama kakaknya mang, hohoo.. mangkanya ga keburu menampakkan diri, xixixi.. masih pengen cowok lagi nih mang.. moga2 cowok lagi.. amiinn..

      Delete
    2. Oh masi pengen cowok ya, mau cowok mau cewek juga ndak apa ya yang penting, mulus rahayu berkah salamet.. Ups, sehat sentosa jaya.

      Delete
  4. sembilan bulan yang akan datang tambah lagi dong belognya... Nisa's Mom ...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ngga atuh mang...satuin azh di belog inih....;o)

      Delete
    2. nah itu mang, bingung juga sih ya,, ni kan namanya uda adib's mom.. masak iya isinya campur2 gitu. kasian readernya juga,, xixixi

      Delete
  5. Alhamdulilah...Selamat ya mb...
    smg selalu sehat yaa :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillaah...., ini benar-benar anugerah yang luar biasa. Sungguh saya turut bersyukur membacanya. Selamat ya, Mbak!

    ReplyDelete
  7. salam dari Malaysia.

    saya juga sedang mengalami nasib yg sama. Baru disahkan hamil dan masih ada bayi kecil usianya 7 bulan dan exclusive bf. Sangat risau tentang tandem nursing kerana asi sy sudah tidak banyak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap yakin, jangan ragu untuk NWP.. hormon oksitosin sangat diperlukan dalam menyusui, kalau ibunya sedih dan makannya sedikit asinya ikut sedikit, kalau ibunya enjoy asi melimpah ruah ^^

      Delete
  8. wah selamet ya,,, adib mau punya adikk,,semoga selalu sehat ibu dan calon bayi nya,,,

    ReplyDelete
  9. wah selamat ya mbak us bakal punya momongan baru lagi. Pasti tambah rame nih rumah nya ^^

    ReplyDelete
  10. Semoga "Tips Cara Cepat Hamil" dari Dokter Ana ini bermanfaat bagi istri, saudara, tetangga atau teman yang susah mendapatkan momongan. Infokan segera untuk menunjang Program Hamil mereka. "Memberi info yang bermanfaat bagi orang lain itu sudah merupakan pahala"

    Cepat Hamil bersama dr. Rosdiana Ramli, SpOG

    Salam Hangat, 
    CalindoStore.com | MetodeHamil.com

    ReplyDelete

Monggo Pesan dan Kesannya

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com