Thursday, 17 October 2013

Lulus S1 dan start MPASI

Alhamdulillah tanggal 11 Oktober 2013 Adib sudah lulus ASI EKSKLUSIF (Pemberian ASI saja hingga bayi berumur 6 bulan/180 hari), yuhuuu seneng banget bisa kasih yang terbaik buat Adib, oh ya, selama Asi Eksklusif Adib tidak pernah sakit pemirsaaah, Allaaaah *sujud syukur*, perjuangan ASI Eksklusif ini dengan air mata yah, hohohohoo, maksudnya setiap melihat Adib minum ASI ga kerasa air mata ini leleh begitu saja, ada perasaan yang gak tau apa itu namanya, tentunya rasa syukurku karena Tuhan telah menganugrahiku umur sehingga aku diberikan kesempatan untuk bisa memberikan ASI langsung pada Adib.. Terima kasih yang tak terhingga buat suamiku yang mendukungku untuk full ASI selama 6 bulan. Ntar lanjuuut terus ASI sampe 2 tahun. Dan ternyata ASI Eksklusif ini ada sertifikatnya lhoo dari AIMI, ini dia penampakannya.. jeng jeng jeeeeng


Naaah, ilmu ng-ASIX ini kudapat dari DSA Adib, Dokter Vita di RSI Sakinah Mojokerto, juga gugling dan mengikuti Grup pendukung ASI, saat Adib berumur 4 bulan aku sudah mengantongi beberapa resep untuk memulai MPASI (Makanan Pendamping ASI), ada ratusan resep beredar disana, hihih, dan aku pilihkan beberapa resep MPASI selama sebulan ke depan, MPASI pilihanku adalah yang homemade, yang aku bikin sendiri, non bikinan pabrik yah, memulai MPASI ini aku mengikuti standar WHO dan FOOD COMBINING, yakni perkenalan pertama makanan dengan buah-buahan dan sayur-sayuran tanpa penambahan gula garam, agar anak belajar mengenal rasa, nah buat para bunda yang bingung MPASI mungkin daftar ini bisa membantu ya:


TANGGAL  MPASI HOME MADE
11 - 13 Pure Alpukat
14 - 16 Pure Pisang Ambon
17 - 18 Pure Apel/Pure Pepaya Jeruk
19 - 20 Pure Alpukat
21 - 22 Pure Melon
23 - 24 Pure Pir
25 - 26 Pure Jagung Labu Siam
27 -28 Ubi Pir
29 - 30 Pure Apel/Pure Pepaya Jeruk
31 - 01 Pure Alpukat
02 - 03 Brokoli Wortel
04 - 05 Pure Pisang Ambon Jeruk
06 - 07 Pure Jagung Labu Siam
08 - 09 Jagung Alpukat
10 - 11 Ubi Pir


Keterangan:
  1. Peralatan mpasi: saringan kawat, juicer, pumping, botol asip
  2. 2-3x makan, tekstur Jangan terlalu encer atau terlalu kental patokannya adalah jika MPASI ditaruh di sendok, sendoknya dimiringin, maka puree/bubur tidak langsung tumpah
  3. Buah yang aman dikonsumsi bayi sebagai pendamping ASI sbb:
    • Jeruk : Jeruk baby, Jeruk orange, jeruk keprok manis
    • Jambu biji: Sebaiknya pilih jambu biji merah karena lebih kaya betakaroten
    • Pepaya
    • Alpukad
    • Melon: Melon hijau, melon jingga
    • Semangka : Semangka merah, semangka kuning
    • Apel manis contohnya apel merah Red Delicious
    • Pir Manis contohnya pir Yangli
    • Pisang: Pisang ambon
    • Mangga Manis: Mangga madu,mangga arumanis,mangga manalagi
Yap, resepnya menyusul yaaa di postingan selanjutnya, awal MPASI deg-deg-an banget, takut gak doyan dan lain sebagainya, ouww ternyata rasanya nano-nano, heheh.. awal makan pure alpukat sedikit tidak doyan, tapi makan ke-2 lahap banget, okeee doakan yaa Adib maemnya lahap terus dan sehat selalu  

 animasi bergerak emoticon lucu
Share:

24 comments:

  1. semangat mbak mulai MPASInya..^^
    seru deh kalau udah mulai makan..hehehe..
    semoga sehat terus ya dek adib,jadi anak yg membanggakan orang tua..aamiin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya seru banget heheheh... kalo ga gitu ga bisa masak juga ntar hihihih..

      makasiih bunda yuli, amiiiin ^_^

      Delete
    2. jadi sekalian belajar masak hehehe

      Delete
    3. betul mang, meskipun awalnya adalah koki yang payah -____-

      Delete
  2. wah selamat ya mbk, n tetep semangat yak buat ngasih asinya ma anak tersayangnya :)

    ReplyDelete
  3. Wahhh keren Selamat yah mbakk Selamettt :D

    ReplyDelete
  4. selamat ya atas kelulusannya...
    #sodorin tangan...pas mo peluk, langsung ada yang mlotot...;o)
    ASI emang ngga pernah bohong...Troy kepaksa dapet Asi cuman sebulan, Geo adiknya full malah lebih sedikit dari 2 tahun....pinternya, kerennya, gantengnya sama banget seh...beda dikit nilai 100% nya dipegang Geo anak full ASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASI memang bagus buat sikecil dan ayahnya ... sekarang lagi ngetren 1000% dan 2000% kang ... hehehe

      Delete
    2. alhamdulillah dapet ilmu baru dari duo mamang..

      1000% tidak fitnah ya :p yang bagus buat ayahnya itu tempat ASInya #eh

      Delete
  5. selamat mbak atas kelulusannya untuk memberikan ASI kepada dedeknya, sebaiknya dilanjutkan samapai 2 tahun biar ketahanan tubuh dedek semakib baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengerin tuh dengerin....

      #ketauan kalau M'ba Iis lebih tuwa dari admin.

      Delete
    2. kalau ayahnya dilanjutkan ndak

      #kabuuuur

      Delete
    3. siapppp mbak iis doanya semoga sukses ASI sampai S3

      dan kita lewatkan saja dua lelaki ini, huh -___-

      Delete
  6. selamat bunda dah lulus s1.... bunda mawar merah memang oye

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mang, siapa dulu dong, wkw :D

      Delete
  7. semoga adib makin sehat serta selalu dalam lindungan ALLAH ya...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin.. makasih bang

      eh abang mampir dimari..

      Delete
  8. artikel yang menarik, ilmunya juga bagus ...

    ReplyDelete
  9. Waah beruntung sekali nie Mas Adib punya Ibu kayak Mbak. Semoga kedepan menjadi anak yang sholeh, sehat dan berbakti pada ortu :)

    ReplyDelete

Monggo Pesan dan Kesannya

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com