Wednesday, 10 July 2013

Puasa Bukan Halangan ng_ASI

Alhamdulillah... Ramadhan telah tiba,,

Setelah melahirkan dan menyusui, selera makan jadi meningkat, menggila bak kuda lumping -_____- sehari bisa sampai 5x makan.. Apalagi Adib menyusunya kuat, hampir tiap jam minta ASI, mendekati Ramadhan aku berfikir berkali-kali, bagaimana nanti ya kalau puasa? Apakah aku kuat? Meskipun bagi ibu hamil dan menyusui ada keringanan untuk tidak berpuasa dengan cara mengqodho di lain hari jika si ibu khawatir tentang kesehatannya dan mengqodho' plus bayar fidyah bagi ibu yang khawatir kesehatan bayinya.. Selengkapnya tentang puasa bagi ibu menyusui bisa dibaca disini

Dan seperti biasa, untuk menghadapi kekhawatiranku ini aku sowan pada Kyai Gugel :p dan menemukan artikel AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), dari artikel tersebut aku mendapat banyak info tentang beberapa tips menyusui saat puasa, ternyata yang terpenting adalah sugesti dari diri sendiri kalau kita kuat berpuasa dan memberikan asupanASI untuk buah hati, tidak perlu takut dengan beberapa mitos yang mengatakan bahwa jika menyusui nanti asinya pahit, bayinya rewel dan sebagainya.. Yap, aku mengantongi beberapa info dan tips penting..

Hari pertama puasa, sahur dengan menu sederhana: nasi, ayam goreng, tumis sawi dan taoge, segelas air jeruk.. setelah sahur dan solat subuh aku melaksanakan ibadah (tidur) dan bangun jam 10 pagi :D hasilnya: perut keroncongan dan sangat-sangat lapar >_< tapi kembali pada niat, aku harus kuat, hari pertama akan sayang sekali untuk dilewatkan, bismillah.. kebetulan Adib juga tidak rewel, tidak menangis dan banyak tidur, terbangunpun hanya untuk mimik dan tidur lagi, jam semakin berjalan, mengisi waktu dengan membaca, nonton larva sama Adib dan sampailah pada ashar, amazing deh.. laparnya tiba-tiba hilang sama sekali, hohohoo.. Sampai adzan maghrib, puasa pertama tuntas tas tas dengan lancar dan produksi ASI tidak menurun, tetap deras seperti biasanya..

Sekarang hari kedua, lanjut teruuuuus.. Semangat ^_^


puasa tetep ceria ^_^
Share:

11 comments:

  1. istilahnya NGASI ya Mbak? hehe
    top tenan. juara! ibu yang hebat.
    semoga tetap sehat dan lincah ya..
    asyiiik

    ReplyDelete
  2. aku alhamdulillah walupun asi gak ada tuh rasa lapar atau lemas..
    semangat ASI..

    aku gak bisa follow,.., ghangguan kayane..

    ill try later

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,, skrg aku makin bugar mskipun puasa.. mungkin karna niat dan kebiasaan ya.. ^_^

      Delete
  3. keliatan nya adib sehat mbak ,,,sekarang umur nya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah.. skrg 3 bulan mas :)

      Delete
    2. hoho , cakep ya , kaya saya #hoho narsis

      Delete

Monggo Pesan dan Kesannya

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com