Wednesday, 10 July 2013

Melahirkan normal? Siapa takut!

Beberapa waktu lalu, ada seorang teman berkunjung ke rumah..

Dia tanya "normal apa sc?"
Aku jawab "alhamdulillah normal, mbak dulu juga normal?", 
Dia bilang "enggak, aku kedua-duanya sc semua", 
"eh, kenapa? Ada masalah ya sama kandungannya?"
"enggak ada, enak sc sih, ga sakit",

Melahirkan kini memiliki beberapa pilihan, tidak seperti dulu, melahirkan adalah fitrah wanita, dan sakit itu pasti.. Ya aku tau melahirkan itu sangat-sangat sakit luar biasa, tidak ada obat lain yang bisa menghilangkan rasa sakit ketika melahirkan, dengan segala resiko yang nangkring di depan mata, bahkan resiko kematian sekalipun, tapi justru momen itu adalah momen yang sangat luar biasa bagi seorang wanita, hari dimana wanita layak disebut "ibu".. Lalu sekarang? Dengan teknologi kedokteran yang begitu canggih, dan keuangan yang mapan, seorang wanita tanpa alasan yang mendesak dan membahayakan kandungan lebih memilih untuk melahirkan secara oprasi.. Mereka memang memiliki banyak uang dari pada harus repot-repot mengejan, tapi sungguh mereka tidak merasakan bagaimana sempurnanya menjadi seorang ibu, bagaimana ibu-ibu kita dulu melahirkan kita dengan penuh susah payah, ah.. Aku tak berhak menyatakan mereka bukan ibu yang sempurna hanya gara-gara tidak mau melahirkan secara normal, karena justru mereka kasihan karena tidak memiliki keberanian untuk merasakan sensasi melahirkan..

Seharusnya para suami dan keluarga memberikan dukungan kepada wanita hamil agar melahirkan normal dengan penuh keyakinan, ini dengan syarat lo ya.. jika kandungan dinyatakan baik-baik saja tanpa gangguan, bukan karna takut ngerasain sakit.. ntar aku bisa didemo ibu-ibu sc kalo gak dijelasin begini, hehehe.. Pengalamanku sendiri, aku selama kehamilan sampai 40 minggu dinyatakan sehat dan bisa lahiran normal, meskipun pada pertengahan proses melahirkan banyak keluarga yang menyarankan untuk oprasi, pertama karena keluarga tidak tega melihat kondisiku yang keliatan kurus kering dan seolah-olah tidak punya kekuatan untuk melahirkan (ratapan orang kurus T.T), kedua karena ketuban dinyatakan keruh.. Tapi dengan tekat dan membayangkan wajah si kecil jadi semangat tersendiri buatku..

Dan, ternyata.. Melahirkan normal itu sakitnya saat waktu menunggu bukaan lengkap aja kok, bahkan kepala si kecil saat keluar dari jalan lahir kita tidak terasa sakit sama sekali.. Ada perasaan lega, haru dan bangga.. So, buat ibu-ibu yang mau lahiran normal, ayo semangat..!

Adib kecil, umur 5 jam ^_^
Share:

3 comments:

  1. nanti kalo aku punya istri mau suport dia untuk melahirkan buah cinta kami, # ngimpi

    ReplyDelete
    Replies
    1. *lempar batako biar bangun dari mimpi* :D

      Delete
  2. benar sekali mbak.. aku juga normal ^^
    setujulah dengan tulisan mbak uswah yg ini ;)

    ReplyDelete

Monggo Pesan dan Kesannya

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com