Sunday, 2 June 2013

ASI EKSKLUSIF - Adib gemuk dan sehat

Hai hai.. aku mau cerita pengalaman saat melahirkan ya.. Waktu akan melahirkan di Rumah Sakit, bidan tanya sama aku "pilih dokter siapa bu? Disini ada 4 dokter spesialis kandungan".. aku jawab "yang pro melahirkan normal dan pro asi".. ada momok yang menghantuiku saat akan melahirkan, yakni takut disuruh oprasi sc dan takut tidak bisa menyusui.. aku menyadari melahirkan adalah fitrah seorang wanita, dan aku bertekat bulat agar aku bisa melahirkan secara normal, untuk membangun psikisku aku browsing-browsing tentang cara melahirkan normal, aku menemukan situs milik seorang bidan pro melahirkan normal yang sangat bagus sekali, banyak motivasi yang ku dapat dari sana, termasuk teknik hypnobirthing, nama situs tersebut adalah bidanku.com... dalam situs itu mengatakan agar sukses melahirkan normal adalah dengan memiliki keinginan kuat untuk melahirkan normal, mengikuti instruksi bidan saat melahirkan dan juga membayangkan buah hati setelah melahirkan.. Alhamdulillah berkat situs tersebut aku sangat termotivasi melahirkan normal, cukup dengan mengejan 2x si kecil lahir dengan sukses, ini karna aku mengikuti instruksi bidan saat melahirkan, ketika dilarang mengejan, aku menahan diri mengejan, ketika disuruh napas panjang, aku sekuat tenaga bernafas, padahal waktu itu aku sudah tidak kuat menahan sakit, tentunya tetap didampingi oleh orang-orang tersayang...

Ketika Adib lahir, beratnya 2,8 kg dan panjang 48cm.. normal untuk ukuran bayi lahir umur 10bulan, eh padahal sewaktu hamil aku juga suka minum es lho.. dulu sih kata orang-orang jangan banyak minum es biar bayinya gak gedhe.. tapi enggak tu, bayiku alhamdulillah normal gak gedhe-gedhe amat waktu lahir.. satu jam setelah melahirkan salah satu bidan menyarankan untuk dikasih susu formula, spontan aku langsung bilang "enggak, aku gak mau kasih anakku formula", sama agak-agak sewot gitu, karna takut dikasih formula aku cepet-cepet menyusui Adib pada hari melahirkan, alhamdulillah niat baikku diijabahi Allah sehingga rejeki Adib melimpah dengan air susuku yang mengalir deras, kenapa aku ngotot kasih ASI? Pertama tentu karna fitrahku sebagai seorang ibu, nalurilah yang mendorongku, kedua ASI adalah susu terbaik bagi bayi, dokter manapun akan merekomendasikan ibu untuk memberikan ASI bagi anaknya, alhamdulillah di usia Adib yang genap satu bulan badannya jadi berisi, montoq.. hehee.. naik 2,2kg jadi 5kg.. Dan syukurku yang luar biasa sejak lahir Adib tidak sakit, dia sehat sekali, bahkan saat setelah imunisasi Adib tidak rewel karna demam seperti bayi kebanyakan..

4 comments:

  1. itu pakai sarung tangan mau tinju ya..xixixi

    ReplyDelete
  2. Bunda, boleh tau dmn aja di mojokerto yg dokterny pro normal & asi? Sdg butuh rekomendasinya. Syukron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya banyak bun dokter yang pro normal di Mojokerto.. terutama kalau kita ngotot minta lahiran normal.. tapi untuk rekomendasi terbaik aku sarankan untuk lahiran di bidan.. atau lahiran di RS. Mutiara Hati di jln. Kemantren.. karna kemaren lahiran anak kedua sempat disuruh oprasi karna hpl mendekati 42 minggu blm ada tanda2 lahir, tapi kata dokter Sulfakar di Mutiara hati aku bisa lahiran normal dan tidak perlu khawatir.. pdhl waktu itu periksa ke dokter lain dinyatakan ari2 sudah pengapuran, sayang waktu itu ketubanku pecah duluan dan ngerembes terus, krn takut, aku cepet2an ke rmh sakit terdekat, dicek sudah bukaan lengkap tp bayi tidak mau turun sampai ketuban hampir habis.. dokter disitu sudah nyuruh oprasi.. tp aku ngotot normal.. alhamdulillah akhirnya normal :)

      Delete

Monggo Pesan dan Kesannya