Thursday, 11 April 2013

USG 3

Meskipun usia kandungan masih 5 bulan, tapi kerinduan pada bayiku sudah sangat menggebu.. Hmmm,, aku begitu sayaaang dengan anakku, dalam hati aku mendambakan janin yang kukandung saat ini berjenis kelamin laki-laki, aku ingin anakku nanti seperti bapaknya, menjadi anak pertama laki-laki yang bertanggung jawab dan sayang pada adik-adiknya, karena ini kehamilan pertamaku, aku tidak mengerti banyak tentang kehamilan, sedangkan aku jauh dari orang tua dan mertua, tidak bisa berkonsultasi langsung, maka aku banyak mencari info di internet, oh terima kasih mbah gugel atas semua artikelmu yang bermanfaat, hehe.. pada bulan kelima menurut para medis (yang taunya juga dari simbah gugel) adalah masa dimana kita sudah bisa mengintip jenis kelamin janin lewat USG, waaah.. aku dan suami langsung respon saat mengetahui info tersebut..

Tidak seperti USG pertama dan kedua masih memeriksakan diri di RSI Sakinah Mojokerto, kali ini aku pindah ke RS Mutiara Hati berdasarkan rekomendasi teman, memang kami banyak pertimbangan kalau untuk kembali ke Rumah Sakit yang sebelumnya, disamping antriannya yang panjang dan menyita waktu tugas suamiku juga kurang informatif dokter kandungannya, mungkin karena faktor banyak pasien jadi memeriksanya dengan tergesa-gesa dan tidak melayani banyak pertanyaan, tgl 03 Desember 2012, aku berangkat ke RS Mutiara Hati diantar suami, kami berangkat pagi jam 8, sampai sana daftar, proses pendaftaran sangat lancar tanpa antri panjang, begitu pula dengan menunggu periksa tidak begitu lama namaku dipanggil, disana seperti biasa ditanya kapan HPHT dan ditanyakan keluhannya apa, aku bilang tidak ada keluhan, cuma agak tidak berselera makan, waktu itu aku hanya makan sehari sekali, tidak pernah merasakan lapar yang luar biasa sebagaimana teman-temanku yang cerita padaku kalau nafsu makannya meningkat selama hamil

Dokter kandungan yang memeriksaku kali ini laki-laki, namanya dr. Sulfakar, SpoG, orangnya sangat sabar dan informatif, nah ini dia yang aku cari, setelah sesi wawancara seputar usia kandungan dan keluhan aku langsung diperiksa dengan menggunakan alat USG 4 Dimensi, aku deg-deg-an banget mau melihat wajah anakku, ketika layar ditampilkan dan alat penghubung di tempelkan ke perutku aku melihat dengan begitu jelas isi rahimku, anakku, subhanallaah untuk pertama kali aku melihatnya, sangat terharu dan syukur yang luar biasa dr. Sulfakar menjelaskan dengan begitu rinci keadaan bayiku, dihitung jumlah jari kaki dan tangannya, alhamdulillah sempurna, dihitung lingkar kepalanya, berat badannya, panjang lengan tangan dan kakinya, dan yang paling surprise... jenis kelaminnya COWOK! wow... aku bahagia sekaliiiii begitu juga dengan suami yang tanpa berkedip mengamati layar USG, setelah selesai pemeriksaan, dokter memprint out hasil USG lalu menjelaskan lagi tentang hasil USG-nya, ini dia hasilnya (

USG ketiga, 03 Desember 2012, dede bayi umur 20w4d

FL:
Femur Lenght
Merupakan ukuran panjang tulang paha bayi.
Untuk mengukur usia kehamilan TM II/III ~> 3,45cm

AC:
Abdominal Circumferencial
Ukuran lingkaran perut bayi. Jika dikombinasikan dengan BPD akan menghasilkan perkiraan berat bayi. ~> 16,12cm

BPD:
Biparietal diameter
Ini adalah ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biasa digunakan untuk mengukur janin di trisemester 2 atau tiga ~> 4,84cm

GA:
Gestational Age
Ini menunjukkan perkiraan umur kehamilan, berdasarkan panjang tungkai lengan, tungkai kaki ataupun diameter kepala. Jika salah satu dari GA di foto USG menunjukkan besaran yang tidak normal, dokter langsung bisa mendeteksinya sebagai kelainan. ~> 20w5d 52,8%

EFW:
Estimation fetal weight
perkiraan berat bayi ~> 387g

HC:
Head Circumferencial
lingkaran kepala ~> 17,39cm

USG 4D di RS Mutiara Hati terbilang murah, Rp. 200.000,- aku bisa bilang murah karena temanku yang di Surabaya bilang kalau USG di Surabaya harganya hampir 500 ribu, dan temenku yang di Jakarta malah bilang kalau USG 4D disana harganya mencapai 900ribu, haduuuh... kok bisa mahal gitu sih, kesini aja kalo mau periksa, murah meriah.. hehee *bukan promo*


kurang lebih 15 menit aku berkonsultasi dengan dokter dan alhamdulillah sangat-sangat puas dengan pelayanannya, terus kasih obatnya juga ga maksa gitu siiih dokternya, ditanyain dulu sebelumnya periksa kemana, aku jawab dengan jujur periksa ke RSI Sakinah dan Bidan deket rumah, trus ditanyain juga sudah dapet vitamin apa belum? kalau sudah ya ga usah beli disini, tapi suamiku bilang kasih aja vitamin yang bagus soalnya makannya masih belom bisa maruk, akhirnya sebelum pulang aku ambil obat dulu dulu ke apotik, sebelum pulang mbak-mbak perawat juga berikan banyak nasehat,duuuh pokoknya seneng banget, dan seperti biasa si tukang pamer ini langsung woro-woro ke keluarga besar tentang berita USG 4 Dimensi, sekalian pamerin poto yang sebagian besar orang bilang mirip aku, soalnya hidungnya pesek

14 comments:

  1. kalo mnurutku di tempat itu agak mahal..
    di sebelahnya loh murah..suratman..dari RS mutiara hati k timur dikit..
    itu USG 4D cm 70, m obatx jd 200..
    klo d MH kn 200 blm obatx..
    pdahal obat/ vitaminx sama j...
    y emang tempatx agak kecil..tp sama j kok mlah enak lebih murah..uangx jg bs buat kperluan si kecil j

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suratman mana y bund? Masih baru di mjk nih hehe.. mohon info lokasinya ya, thx
      Oh iya d MH 200rb udh trmasuk biaya konsul dokternya blm ya bund? Trus yg di suratman usg 4d + obat total 200rb-an itu udh trmasuk biaya konsul dokternya jg blm? Reply ya bund ^^

      Delete
    2. aku udah cari di suratman gak ada mom :) iya 200rb itu udah termasuk biaya konsul, tapi pas usg anak kedua aku naik jadi 250rb heheheh..

      Delete
    3. Ok deh bund makasih bnyk yah infonya ^^
      Oh iya 250rb blm ama vitaminnya kan bund?

      Delete
  2. Ok deh bund hehe mksh bnyk yaah ^^ aku anak prtama nih HPL mei prtengahan insyaallah minta doanya yah bund hehehe..
    250rb udh ama vitamin atau blm tuh bund? Blm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom mom, usg sama print out itu 250rb, print outnya bebas mau diprint 2 atau 3x boleh, hihi.. sebenernya kalo vitamin bebas sih.. kalau aku vitaminnya ambil di bidan yang murah meriah :p

      iyaa semoga sehat sehat selamat ibu bayi, melahirkan lancar jaya.. aamiiin..

      Delete
  3. Mom dokter sulfakar Pro normal ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kondisinya mom, tapi selama kandungan dicek baik-baik saja insya Allah selalu merekomendasikan normal..

      Delete
  4. Suratman itu RSAB Bagusan .. iya ada usg 4D nya dgn dr.nyoman teguh SpoG yg sabar tarif nya murah n bidan nya ramah2

    ReplyDelete
  5. Kira" kalau sekarang brpa ys usg 4d nya mom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir periksa anak ke 3 kira2 bulan februari usg nya 350 ribu mom

      Delete
  6. Bunda, kalo sekarang kira-kira biayanya sama ndak yaa? Hehehe

    ReplyDelete
  7. Bunda, kalo sekarang kira-kira biayanya naik ndak yaa? Barangkali bunda tau Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir periksa anak ke 3 kira2 bulan februari 2016 usg nya 350 ribu mom

      Delete

Monggo Pesan dan Kesannya