• Keluarga Berencana

    Awalnya sih cuma 2 orang, tau-tau sekarang jadi 5 anggota keluarga, kami keluarga berencana menjadi yang terbaik untuk anak-anak ;D

    Read More
  • Menjadi Ibu..

    Menjadi seorang istri itu ibadah, menjadi ibu adalah ibadah, bekerja juga ibadah, menjadi istri sekaligus ibu yang juga bekerja = ibuwaduah :D

    Read More
  • Bahagia

    Ciumlah tanganku, kan ku cium kakimu, kita sama-sama melangkah di surga

    Read More

Sunday, 17 December 2017

Aplikasi Penghitung Masa Subur

Hai Mom. Siapa yang lagi program hamil saat ini?

Aku mau kasih tau aplikasi yang juara banget buat menghitung masa subur, jadi kita tidak perlu beli alat pendeteksi masa subur, nama aplikasinya adalah KALENDER MENSTRUASI, aplikasi ini bisa diunduh di playstore

aplikasi kalender menstruasi

Kalau sudah diunduh, mom bisa masukin jadwal awal haid dan siklus haidnya, aku download aplikasi ini mulai bulan september, jadi aku input jadwal haidku beserta siklusku 28 hari, haidku lumayan lama, biasanya 10-13 hari, tapi uniknya aplikasi ini bisa tepat waktu memberitahukan jadwal haid selanjutnya, seperti contohnya di ss jadwal periode bulananku ini, bulan September jadwal haidku tanggal 25 September - 5 Oktober (15 hari), periode haid bulan Oktober juga tepat tanggal 22 Oktober seperti di kalender ini, berlangsung selama 9 hari sampai tanggal 27 November. 

periode menstruasi bulan september

periode menstruasi bulan oktober


Nah, di bulan Desember ini ada peluang hamil yang sedang tinggi, yakni saat ovulasi tanggal 1 Desember, pada saat itu kami tidak melewatkan moment kesuburanku, mengurangi aktivitas dan fokus pada program kehamilan, 

peluang hamil di bulan Desember
Pada tanggal 14 Desember (meskipun belum telat haid), karena jadwal haid masih tanggal 15 Desember, aku melakukan tespack dan TP memberikan tanda garis 2, so.. Aplikasi ini benar-benar membantu aku untuk menentukan masa suburku dengan tepat. Selain itu, aplikasi ini juga bisa jadi KB kalender bagi pasangan suami istri yang masih ingin menunda kehamilan, multifungsi banget yah.. Karena dilengkapi dengan pengingat kontrasepsi (pil kontrasepsi, cincin, Patch dan injeksi), menyediakan 43 gejala dan 64 emosi untuk dipilih, grafik berat badan dan temperatur, perlindungan keamanan & PIN, data Akun Google backup dan Restorasi (ini membantu banget karna saat aplikasi ini terhapus aku bisa langsung download kembali dan sinkron dengan google dan dataku kembali).
Makasih Simple Design Ltd telah membuat aplikasi sebaik ini, aku kasih bintang 5 di google play, xixi..
Share:

Saturday, 16 December 2017

Hamil Lagi Setelah Lepas KB Implan

Hai mommy-mommy..

Aku mau berbagi pengalaman yah seputar KB Implan, sekaligus endorse  setelah kelahiran anak ketiga aku memutuskan untuk memakai KB implan yang kata bu bidan aman sampai 3 tahun dan bisa dilepas sewaktu-waktu, memakai KB implan ini setelah nifas selesai, aku memakai tanggal 10 November 2016, biayanya Rp. 375.000,- di Puskesmas, setelah memakai KB implan aku dapat haid tapi hanya flek-flek ajah selama beberapa hari, berlangsung selama 2x selama 2 atau 3 bulan, dan setelah itu selama memakai KB implan aku sama sekali tidak mendapatkan haid.
Sempat aku konsiltasikan ke bidan masa tidak haid selama memakai Implan, bidan bilang kalau itu normal, okehh. Oh ya, dulu aku sering banget keputihan, tapi setelah memakai Implan, keputihanku sembuh. Makanya dulu sempet heran bu bidan bilang kalau pakai Implan keuntungannya bisa meningkatkan gairah seks, hahahaha.. Serius bubid? Tanya suamiku waktu nganterin aku pasang Implan. Iyaa serius, wes to nanti dicoba saja, bubid Puskesmas ini orangnya memang kocak banget, bidan yang profesional, pelayanannya sangat ramah, gak horor sama sekali tiap datang di Puskesmas ini, waktu pasang Implan ajah cuma 5 menit dengan anastesi, disilet-silet, tapi ga kerasa, orang bidannya ngajak becanda terus  paling semangat kalau imunisasi anak dan berobat disini, karena Bidannya udah kaya ibuku sendiri  makasih ya Bu Mul, Bidan Puskesmas Lawu, Mojokerto Kota.
Dan benar aja keputihan sembuh, udah ga sering anemia lagi karena pakai Implan, mungkin itu penyebab Implan dapat meningkatkan gairah seks menurut bidan hahaha.. Intinya aku sangat cocok pakai KB Implan, selain bebas dari keputihan, asiku juga tidak berpengaruh saat-saat menyusui, tidak menambah atau mengurangi berat badanku, kalaupun gemukan dikit itu pasti efek busui yang doyan makan, hahaha.

Setelah 10 bulan memakai implan, dirasa cukuplah untuk dilepas, kangen bisa haid lagi, xixixi.. Akhirnya bulan Agustus aku lepas Implanku, setelah lepas implan Haid jadi normal seperti biasanya, dan sepertinya langsung subur kembali :p lalu kami memutuskan untuk menambah momongan lagi :D jujur aku suka banget sama anak-anak, keinginan punya banyak anak, setelah 3 bulan menanti barulah aku tespack (pengalaman tespack bisa dilihat di postingan sebelumnya) dan hasilnya positif, jadi bunda-bunda yang ragu mau KB apa yang gak bikin gemuk, bebas keputihan dan gak butuh waktu lama untuk kembali subur setelah lepas KB ya aku rekomendasikan KB Implan ini. ;)
Share:

Thursday, 14 December 2017

Tespack malam hari, akurat?

Malem para pembaca blog ini, jadi malam ini hari Kamis, 14 Desember 2017 ada kejutan baru, yang ga jauh-jauh dari urusan anak, xixi..

Langsung aja, akurat gak sih kalau tespack malem-malem? Aku sendiri membuktikannya, ceritanya jadwal haidku harusnya besok tanggal 15 Desember, tapi semingguan kemarin rasanya ada yang aneh sama aku, gampang mual, mulai kekenyangan dan muntah kalau makan banyak, padahal sebelumnya makanku ini porsinya banyak banget, gampang laper karna menyusui, tapi akhir-akhir ini paling ga bisa makan banyak, tak pikir ini lambungku yang bermasalah, minum antasida, sembuh.. Yang bikin curiga, aku pingin banget makan capcay, padahal jarang-jarang aku suka capcay, untuk yang ini aku jarang banget menyampaikan keinginanku ke suami untuk makan capcay, takut disangka ngidam, hihihii.. Akhirnya ya kalau lagi pingin capcay aku redam dengan keinginan itu dengan makan makanan yang lain, pokonya kenyang lah, pikirku kalau kenyang aku ga bakal pingin makan itu lagi.
Berawal dari situ, malamnya aku beranikan diri beli tespack, ga tanggung-tanggung aku beli tespack 10pcs merk onemed, murah meriah cuma 2000 aja  jadi kadang heran sama orang yang tes kehamilan pake pasta gigi, pake gula, pake cuka yang lagi booming di youtube itu.. Masak tespack 2000 ajah gak bisa beli 

Awalnya mau tespack kalau udah telat 3-4 harian dan tespacknya di pagi hari, tapi entah mengapa emak-emak seperti saya begitu penasaran dan berbekal coba-coba tespack malam hari, oh ya kami memang berhubungan badan pada masa subur, jadi tespack bisa dilakukan 12 hari setelah berhubungan badan pada masa subur. Catet yah.. Ini patokannya, aku saranin buat pasangan suami istri yang program hamil untuk download aplikasi kalender kesuburan di google play atau app store, jadi pasangan suami istri bisa mengetahui peluang hamil pada masa subur dan kapan harus berhubungan badan. 

Okey, malam ini pukul 19.50 aku masuk kamar mandi, tampung urin celupin tespack, udah tak tinggal buat cebok, buat cuci muka, setelah itu aku angkut, daaaan awalnya ga terlihat pemirsaaaaah, tapi lama kelamaan terlihat 2 garis, meskipun yang satunya samar.. Artinya aku positif hamil, oh ya sebelumnya aku pakai KB implan untuk 3 taun, tapi aku hanya pakai selama 10 bulan, dan udah aku lepas 3 bulan yg lalu, ga nyangka secepat ini jadinya.. Alhamdulillah langsung sujud syukur, FYI ini adalah calon anak yang Keempat, anak pertama umur 4y, anak kedua 3y, anak ketiga 1y4m, jangan ditanya bagaimana rasanya meskipun ini bukan kehamilan pertama.. Rasanya bahagia, haru, speechless ya Allaaaah terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada kami..
Insya Allah 3 hari lagi akan tespack lagi  untuk menegaskan garis 



Share:

Monday, 4 December 2017

Pantangan dan mitos seputar makanan ibu menyusui

Selamat nenen Pejuang ASI yang tak kenal lelah dengan segala multitaskingnya 24 jam nonstop.

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui, pasti banyak banget pantangan-pantangan dari orang tua kita yang rasa-rasanya pengen banget kita terjang semuanya.

Mulai dari tidak boleh makan yang panas-panas takut lidah bayi memutih, tidak boleh pedas-pedas takut bayi mencret, tidak boleh yang dingin-dingin takut bayi pilek.

Sehingga banyak sekali pertanyaan yang muncul di benak, semacam ketakutan, ah nanti kalau makan ini jangan-jangan begini, jangan-jangan begitu, adanya grup ini menampung pertanyaan-pertanyaan seperti, ituh!:

Bunda, Busui boleh makan durian ga?
Bunda, Busui boleh makan kelengkeng ga?
Bunda, Busui boleh makan mi instan ga?
Bunda, Busui boleh makan rambutan ga?
Bunda, Busui boleh minum kopi ga?
Bunda, Busui boleh makan beling ga? Jaran kepang buuuuuk?

Padahal, Ibu menyusui itu bukan orang sakit yang harus menghindari makanan-makanan tertentu, Ibu menyusui yang sehat itu normal kok, jadi apa aja boleh dimakan, faktanya ibu menyusui gampang banget lapar, asupan yang masuk harus sesuai, tidak dalam porsi berlebihan ga sampe kelaparan juga, seperti makan durian atau buah-buahan lainnya dalam jumlah yang tidak normal, laper apa rakus buuuk? Begitu juga dengan kopi atau mi instan, buat selingan ajah, hukumnya ga sampe haram kok, makruh aja, hihihi. Siapkan makanan dan minuman terbaik karna makanan dan minuman tersebut akan menjadi sari makanan berupa ASI yang kita berikan untuk buah hati kita, lagi pula gentong ASI itu canggih banget, pabrik susu terbaik bikinan Tuhan, ia hanya ambil zat-zat yang baik dalam memproduksi ASI dan jangan lupa amati kondisi tubuh kita sendiri dan anak yang kita susui yah.. Kalau habis minum kopi ternyata jantung kita berdebar-debar kayak pertama kali ketemu bapaknya anak-anak ya jangan diterusin, atau efeknya bayi jadi susah tidur ya mending puasa dulu deh sama kopi, kebanyakan durian akhirnya mabok, nah ini juga jangan diterusin. Bagi yang punya otot kawat balung wesi sumsum gegana, dengkul paron, daging kencana, kulit tembaga sehingga kapal selam, rondo royal, sego kucing, bakso rudal, kacang atom, kuping gajah, rawon setan, ceker setan dan lain sebagainya bisa masuk tanpa efek samping ya terjang aja buuuuk.

Trus mitosnya gimana doooong? Ntar dikirain ga nurut sama ortu? Ntar kualat?

Ya udah ambil aja positifnya bray, bagaimanapun kita tetep wajib harus kudu hormat sama orang tua atau mertua, mereka ga salah kok, cuma mereka itu emang suka main filosofi, anggap aja kita lagi ngadepin filosof, ga boleh makan pedes-pedes karna takut ntar ibunya perutnya sakit kebanyakan sambelado, ga boleh minum es takut ibunya pilek, kalau ibunya pilek si bayi rawan banget tertular, ga boleh makan rambutan atau buah-buahan kuatir kitanya kurang kenyang, maklum orang Indonesia kalau belum nasi artinya belum makan, so.. Kita tetep makan dan minum sesuka kita tapi mitos-mitos tersebut ditolak dengan cara yang anggun kepada ortu/mertua, lagi pula makan dan minum yang sesuai dengan keinginan kita itu juga termasuk booster ASI terbaik ketimbang tiap hari nyemil daun katuk dan melati atau konsumsi suplemen pelancar ASI.

Happy breastfeeding mommy-mommy,
Salam nenen..

Share:

Thursday, 22 December 2016

Adib, kamu jagoanku!

Pengalaman pertama menjadi Wali Murid, sebelum kelahiran Sakti beberapa bulan lalu H-3 kelahiran Sakti adalah saat pertama Adib mulai bersekolah, Adib masuk Play Grup Al-Azhar Mojokerto, berbagai kerempongan mulai dirasakan, terutama saat adiknya lahir, membagi waktu antara membuat bekal makan Adib dan juga menjaga adiknya yang masih butuh banyak perhatian, untungnya tugas memandikan anak-anak (Adib & Lana) dan mengantar sekolah sudah dihandle oleh bapaknya, jadi jam 8 pagi selesai sudah masak-masak mak koki payah, daaan aku sudah bisa me time dengan bayi.
Waktu terus berjalan dan tidak terasa perkembangan Adib begitu pesat, mulai dari menghafal surat-surat pendek dalam Juz Amma, memahami huruf (di sekolahnya gak ada calistung), hari-hari Adib begitu riang, dia bernyanyi dan adiknya Maulana diajarkan beberapa hafalan hadis dan lagu-lagu yang Adib dapat dari sekolah, dia sangat bersemangat untuk sekolah, alhamdulillah yang ini niru emaknya banget (yang baik-baik diakui, hahah)
Sampailah pada penghujung semester, dan waktunya ambil rapot, ini adalah pengalamanku pertama kali mengambil rapot, bapaknya gak ikut karna bapaknya jadi panitia Jalan Sehat Harlah Al-Azhar di sekolahnya Adib, perasaanku waktu itu biasa aja karna aku selalu berharap kebaikan menyertai anak-anakku, kalaupun prestasi akademis aku tidak memaksa, tibalah saat pengambilan rapot, gurunya berpesan banyak, juga menjelaskan perkembangan Adib selama di sekolah, Bu Am menceritakan kalau Adib anaknya pendiam, menurut tapi cerdas dalam menerima informasi, gambarnya bagus-bagus dan supel dengan temannya, kabar baiknya, meskipun Adib bahasa kesehariannya adalah bahasa Kromo (Bahasa Jawa halus dan sopan) tapi mampu berinteraksi dengan teman-temannya yang lain, jadi kalau bersama teman-temannya Adib memakai Bahasa Indonesia, tapi kalau dengan yang lebih tua darinya Adib pakai bahasa Kromo, rapot aku lihat juga semuanya mencapai target yang harus dicapai sesuai perkembangan usianya, ada beberapa kode yang harus dicentang di rapor Adib, di antaranya adalah: BB (Belum berkembang), B (Berkembang), M (Mampu)
Dan rapor Adib yang dicentang BB hanya 3 centangan saja, aku bersyukur alhamdulillah.. Semoga Adib makin semangat mencari ilmu, dan mengejar ridlo guru-gurunya :)
Share:

Thursday, 10 November 2016

KB Implan

Alhamdulillah hari ini aku memutuskan untuk KB, aku KB di puskesmas, dan sekalian jadwal Sakti imunisasi, yak tepat hari Kamis, 10 November 2016 untuk pertama kalinya merasakan ditusuk-tusuk jarum susuk, atau KB Implan, awalnya mau KB suntik 1 bulan karna pengalaman setelah lahiran anak kedua KB suntik 3 bulan malah ngeflek, tambah kurus, tambah jelek, muka kusem, akhirnya dilepas dan taraaa jadilah Sakti, hehe.. Tapi bidan di Puskesmas nggak nyaranin karna khawatir pengaruh ke ASI. 

Tentang KB implan ini belum terpikirkan sebelumnya, sempat membaca hukumnya di kitab fiqh tentang KB susuk, ternyata boleh :) aku dan suami konsultasi tentang beberapa KB, bidan di puskesmas menyarankan 3 jenis KB, KB suntik 3 bulan, IUD atau Implan, KB suntik 3 bulan sudah aku blacklist karna tidak cocok di tubuhku, KB IUD aku tolak karna keburu parno duluan nemuin kasus Ibu yang IUDnya masuk ke rahim dan harus oprasi, meskipun bidan bilang kasus itu sangat kecil sekali kemungkinannya, bahkan bidan mengatakan sudah 25 tahun melayani pasien KB IUD dan tidak ada yang gagal, tapi yah itu tadi keburu parno duluan, hihii.. 

Daaan jatuhlah pilihan kami pada KB implan, bidan bilang KB implan tidak mempengaruhi menstruasi, artinya tetap lancar haidnya, jangka panjang sampai 3 tahun, tidak berpengaruh pada ASI dan tidak berpengaruh pada berat badan, padahal aku bilang ke bidan pingin KB yang bisa bikin gemuk, bubid bilang kalau pingin gemuk jangan beres-beres rumah, santai-santai aja sama shopping terus, bener juga sih, hahaha.. 

Sebelum dimasukkan susuk ke lenganku, diukur dulu panjang jarum pake bolpoin trus bidan mulai kasih titik-titik yang pas buat calon penghuni lengan atas  lalu disuntik bius dan dimasukkan jarum susuknya, jangan tanya bentuknya gimana, prosesnya gimana, diapain aja, orang aku horor duluan, jadi selama proses pasang jarum aku merem  pas udah selesai baru berani buka mata, cemen banget, haha.. Gak sakit kok, 3 menit selesai, ya iyalah gak sakit orang dibius  

Setelah selesai baru deh si Sakti disuntik imun 3 bulan, bb 7,2 kg alhamdulillah, dan tidak ada demam setelah disuntik sebagaimana suntikan 1-2 bulan kemarin, jadi gak perlu dikasih paracetamol, oh ya bubid bilang setelah dimasukin jarumnya bakalan memar atau bengkak, dikasih obat asam mefenamat untuk anti nyeri, alhamdulillah gak nyeri meskipun bengkak sedikit.. Berharap tidak ada efek samping yang merugikanku dalam KB Implan ini, aaamiiin.. Next insya Allah aku bahas lagi efek sebulan memakai KB Implan :)

Oh ya, ini aku sertakan video Pemasangan KB Implan dalam bentuk 3D dari youtube

Share:

Monday, 29 August 2016

Selapan

Moms n readers, yang tinggal di Jawa pasti familiar dengan beberapa adat dan mitos orang Jawa, dan mitos itu seperti mengikat dan harus dipatuhi, terutama bagi wanita, mulai dari mitos anak perawan, sampai jadi manten, sampe hamil, melahirkan bahkan menyusuipun ada beberapa mitosnya, aku gak mau melebar kemana-mana, aku mau fokus yang bakal aku bahas disini, tentang adat dan mitos selapan, apa sih selapan itu? Selapan adalah masa setelah melahirkan bagi seorang ibu kurang lebih 40 hari lamanya, nah apa saja yang dilakukan seorang ibu pada masa selapan? Kalau di tempatku (aku tinggal di Surabaya-Mojokerto dan emak masih kekeh dengan adat selapan) berdasarkan pengalamanku, selapan ini berisi adat sebagai berikut, ini sekalian aku jelaskan yang aku pakai dan aku tinggalkan sesuai kemantapan hati yaa, jadi tidak semua aturan orang tua dahulu aku pakai:

1. Setelah melahirkan tidak boleh tidur siang (aku gak ikut adat ini, kalau bayi tidur aku juga tidur untuk mengembalikan kekuatanku jadi harus banyak istirahat) 

2. Setelah melahirkan harus minum jamu selama 40 hari (aku gak ikuti ini, sesekali aja minum jamu karna aku punya riwayat sakit lambung jadi gak kuat kalau minum jamu yang kentel gitu) 

3. Setelah melahirkan harus wuwung (keramas dan memasukkan air ke mata)  (yang ini aku lakuin, apalagi kalau wuwung di atas jam 12 malam, seger banget) 

4. Setelah melahirkan harus memakai kendit/tempong (ya, aku mengikuti adat ini, perut rasanya singset, haha ) 

5. Setelah melahirkan kakinya tidak boleh dilipat, posisi kaki harus selalu lurus (yang ini gak bisa sih istiqomah lurus terus, pegel) 

6. Setelah melahirkan tidak boleh keluar rumah selama 40 hari (yang ini gak cuma agenda selapan sih, aku kan dulunya anak rumahan, sekarang istri rumahan, hehehe) 

7. Setelah melahirkan tidak boleh makan rawon, ikan laut, tidak boleh minum air putih terlalu banyak, harus makan yang kering-kering (waaaah aku pemakan segala, biar asi banyak, tapi aku perhatikan riwayat alergi anak fan alhamdulillah tidak ada alergi, jadi semuanya disikat habiss sehari makan 4-6 kali, belum termasuk ngemil, hehe) 

8. Setelah melahirkan tidak boleh duduk di bawah (yang ini aku ikuti karna duduk di bawah setelah dijait itu sakit) 

9. Bayi rawan terkena sawan, kalau di tempatku ada sawan angin, sawan batang dan sawang-sawang lainnya yang aku gak hafal, sejauh ini aku kurang bisa faham tentang persawanan, tapi pernah baca artikel sawan itu gejala-gejalanya kalau di dunia medis  sama seperti growth spurt, jadi anak demam, rewel, manja, maunya menyusu terus, nempel terus dama orang tua, dsb, alhamdulillah bayiku sehat, jauh dari sawan..  

Nah, ada yang bisa menambah mitosnya apa aja?
Share:

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com