• Keluarga Berencana

    Awalnya sih cuma 2 orang, tau-tau sekarang jadi 5 anggota keluarga, kami keluarga berencana menjadi yang terbaik untuk anak-anak ;D

    Read More
  • Menjadi Ibu..

    Menjadi seorang istri itu ibadah, menjadi ibu adalah ibadah, bekerja juga ibadah, menjadi istri sekaligus ibu yang juga bekerja = ibuwaduah :D

    Read More
  • Bahagia

    Ciumlah tanganku, kan ku cium kakimu, kita sama-sama melangkah di surga

    Read More

Saturday, 13 October 2018

Hyperemesis (bag. II)

Usia kandungan masuk 14w1d tanggal 8 Oktober 2018 kepala sakit banget dan ga bisa ditahan, frekuensi muntah sudah jauh berkurang, sehari 2x, sampe malem kepala makin sakit dan muntah-muntah lagi kali ini muntah disertai darah merah, badan lemes dan nangis terus saking ga tahan sakitnya, mana badan demam dan tenggorokan sakit, dada makin sesak, akhirnya ke RSI Sakinah, dan diperiksa juga konsultasi ke dokter kandungan akhirnya keputusan dokter harus opname. Yeaaaah opname kedua kalinya ini deh


Masuk jam 12 malem, ga bisa tidur sampe jam 3 karna memang katanya dokter sakit kepala berasal dari penyakit asam lambung yang naik, jadi ga dikasih obat pusing. Cuma dikasih obat lambung. Tidur jam 3.30 terbangun jam 6, jam 7 dianter bubur sama susu sapi. Karena tenggorokan lagi sakit banget aku habiskan 1 gelas susu sapi, tapi ga ada 1 menit udah muntah lagi, dan muntahnya di lantai 😅 ga sempet ke kamar mandi sih ribet sama infus sama kepala yang masih sakit. Akhirnya dibersihkan sama cleaning service. Setelah itu makan sedikit-sedikit bubur putih, itupun cuma bisa masuk 2 sendok sudah datang lagi mualnya.

Perawat datang jam 10, suntik obat lagi sama persiapan jam 12 dianter ke poli kandungan buat usg dan ngecek si bayik. Otw poli pake kursi roda karna, dih diliatin orang banyak kayal orang lagi sakit apaa gitu. Nih body udah kayak cicak pucet dan kurus banget. Setelah masuk poli langsung di usg sama dokter kesayangan dr. Ida. Alhamdulillah baby baik-baik aja cuma gerakannya ga begitu aktif. Pas usg dia posisinya telungkup gitu deh, trus kakinya nendang-nendang ke belakang lucu banget 😂😂😂


Yeaaaay bahagia dong, balik ke kamar trus ngamati hasil usg, eh ada yang aneh.. Di usg tertulis berat badan janin kok sudah 429 gram 😱😱😱 padahal Uk 14 minggu, seharusnya masih sekitaran 43 gram, ih kenapa tadi ga tanya ke dokternya 😔

Gapapa deh yang penting sehat semuanya, detak jantung baby juga normal. Rabo sudah mulai enakan dan udah ga muntah bahkan mual sama sekali, seneng banget deh.. Aku tanya sama perawat kapan boleh pulang? Jawabnya nanti sore sudah boleh pulang. Yessss.. Tau ga apa yang terpikir saat dikasih tau boleh pulang? Langsung telfon adekku aku suruh bawa make up aku sama kutek 😅 diih sempet banget yah 😂😄


Nganggur banget yak 😅 mau pulang aja kutekan sama make up an dulu 😄 udah dilepas infus, eh jatah makan dateng sama snacknya. Sudah aku suruh bawa ke dapur ajah katany gapapa mbak dimakan ajah nanti di rumah tinggal minum obat, ih bener juga. Akhirnya makan dulu di kamar


Makannya habisss pemirsaaah.. Haha lagi doyan makan, sementara suami ngurusin administrasi RS. Pamit pulang sama mbak-mbak perawat yang baik-baik, murah senyum dan perhatian banget sama pasien. Lepas gelang

Kata emak, nih pergelangan tangan apa batang potlot sih? Kurus amat 😑
Setelah pulang clingak-clinguk depan kamar kok sandalku ga ada? Rupanya ga kebawa dan tertinggal di IGD waktu tindakan pertama kali masuk, yeaaah nyekermeeeeen 👣 mampir toko sepatu isabella buat beli sandal, ditanya sama mbak pramuniaga "lah sandale ngendi mbak kok nyeker?" (sandalnya mana kok tanpa alas kaki?"," ilang mbak waktu sambang di RS, makanya mampir kesini) 😄

Pengalaman kehamilan memang unik setiap ibu hamil. Semoga kita semua bisa bersabar dan bersyukur dalam menjalani kehamilan 😘😘😘

Share:

Sunday, 16 September 2018

Usia Kehamilan 11 Minggu Merasakan Pergerakan Janin

Hai moms. Usia kandunganku saat ini tepat 11 Minggu (160918), alhamdulillah seneng banget, sekarang baby dalam perut sudah bergelar janin karena semua organ tubuhnya sudah lengkap, yeaaay seneng banget. Tanggal 13 September kemarin aku kontrol ke RSI. Sakinah sesuai jadwal, dapet nomer urutan 1. Dokter Ida datang pukul 10.30 dan langsung diperiksa ke ruang USG dan ini diaaa hasilnyaa

USG 2D, UK 10w3d
Usia kehamilan sebenarnya 10w3d, tapi hasil USG menunjukkan usianya 10w1d, wah agak mengecil yah, tapi kata dokter aman.. Karena ukurannya sesuai dan bayinya sehat, jantungnya berdetak normal dan geraknya aktif saat terlihat di layar USG, waktu perjalanan berangkat ke RSI sakinah sempet minggir dulu berhenti di POM Bensin, muntah dulu :p berjalan terhuyung-huyung masuk poli kandungan, waktu ditensi tensi darah rendah 90/60, tapi begitu ngeliat baby di layar USG mendadak mual dan pusing hilang, tergantikan oleh senyum ceria. Xixxixi

Sekarang UK masuk 11 minggu dan aku merasakan pergerakannya yang aktif di rahim, mungkin karena ini kehamilan yang ke-4 jadi aku lebih peka merasakan gerakan janin dalam rahim, semoga kamu sehat terus yah nak. Pesen dr. Ida, obat mual diminum kalau mual bangeeeet dan lebih baik menghindari obat-obatan sekalipun itu obat mual, alhamdulillah masuk UK 11 ini mual agak berkurang, paling sehari muntah 2-3x, lemes-lemes juga udah mulai minggat, tapi sensitif bau dapur masih belum enyah, dapurku sepertinya bersawang udah 2 bulan ga aku tengokin, hahah.. Berharap tetap sehat selalu sampai bisa beraktifitas kembali, tunggu perjuangan 6 bulan ke depan. Tetap semangat, Nak! Ibu bangga dan sayang padamu 😍😘
Share:

Saturday, 1 September 2018

Hyperemesis

Kehamilan merupakan keniqmatan yang haqiqi apalagi kalau disertai mual muntah 🤣👌 momen dimana seorang ibu berjuang untuk tetap mencoba memasukkan makanan dan minuman dengan penuh was-was 😭 bayangin, mual muntah karena sakit maag aja tersiksa pakai banget, belum lagi mual kehamilan yang sampai trimester pertama atau bahkan sampai trimester kedua, belum lagi sensitif sama bau-bauan.

Yah begitulah penggambaranku saat hamil pertama sampai ke-4 ini 😁 sensitif sama bau-bau wangi sabun, shampoo, parfum, bedak, make up 😣 dan yang paling parah sensitif sama bau minyak buat goreng 😭 jadi untuk sementara aktivitas dapur hiatus 😁 dan ga berani sama sekali ke dapur, karena masuk dapur sekali muntahnya bisa berkali-kali 😷😷😷

Hari kamis tgl 30-08-18 kemarin bangun tidur dalam keadaan mual banget, cuma bisa rebahan, kadang nungging, dan muntah sampe 3x, jadi ceritanya minum segelas trus muntah, minum setengah gelas trus muntah lagi, minum 3 tegukan pun muntah, trus ngemut permen, muntah juga. Minum air lagi, muntah lagi. Sampai 5x

Karena perut kosong, laper tapi mual, akhirnya pingin makan yang kuah panas-panas sama es, pesen via gojek sup tulang rusuk sama es degan, makanan datang dan semangat menyantap, habislah satu mangkok sama es, alhamdulillah.bisa masuk semua, mual hilang. Tapiii 30 menit kemudian si mual datang dan udah ga bisa ditahan lagi buat ga muntah, daaan keluar semua deh 😁 muntah ke 6, setelah itu jarak 5 menit muntah lagi, meskipun tinggal cairan-cairan bercampur darah, minum air lagi dan muntah lagi sampe 7x, udah lemes bangeeet capek bolak balik ke kamar mandi, akhirnya muntah di tempat 😷 sampe total muntah 11x baru akhirnya dikirim sama suami ke IGD dan langsung diputuskan harus opname.. Diiih lagi dan lagi.. Harus ngamar..

RSI Sakinah, Ruang Bisri 107

Semalem langsung digrojok sampe 3 cairan infus, tapi lemesnya masih belum hilang, mualnya juga awet, tapi muntah sudah berkurang, 2-3x sehari.. Hari kedua masih belum kuat juga buat berdiri 😭 tapi hari kedua itu udah langsung di USG sama dr. Ida, bersyukur banget janin sehat-sehat saja. Sempat kepikiran ya Allah..

Uk 8w6d USG 3d RSI Sakinah

Saat USG, usia kehamilan sudah masuk 8w6d, alhamdulillah sehat normal dan ukurannya sesuai. Udah koleksi 2 foto ajah dalam seminggu di Rumah Sakit yang berbeda 😅 sayang di RSI Sakinah belum ada USG 4 dimensi, semoga segera diadakan pihak RSnya 😍 soalnya udah jatuh cinta sama pelayanan di RSI Sakinah yang semakin baik dan profesional, dan lagi anak pertama sampai ke-3 semuanya ditangani di RSI Sakinah Mojokerto jadi semacam udah berchemistry gitu eaaaaaa.. Paan sih RS pake chemistry segala 😅

Menu yang sesuai dengan request pada ahli gizi 😊

Udah sampe hari minggu ini masih disini, yang nunggui suami dan 3 superku, Adib Lana Sakti 😅 tapi lumayan disini ga bau dapur, bisa tidur nyenyak di hari ke 2 😊 semoga bisa cepet pulangggg

Sambil memantau perkembangan Asian Games 2018 😎

Menikmati hujan pertama di bulan Agustus 😍 di rumah sakit :(

Share:

Wednesday, 29 August 2018

USG Pertama Anak ke-4

Hari ini tanggal 29 Agustus 2018, dikabari Ning Ilmi kalau ada dokter cewek di RS. Mutiara Hati, seneng dong yah. Dokter kandungan cewek di Mojokerto kan jarang ada.

Chat pagi ini 😅🤣

Langsung kirim SS chat ke suami yang lagi di kantor, suami mengiyakan tuk fix berangkat sekarang, sebelumnya aku telfon dulu untuk memastikan masih ada antrian atau tidak, alhamdulillah masih ready antrian no. 35 😅 tapi mbak perawatnya bilang datang sebelum jam 10.00, aku mengiyakan. Nah, kata suami berangkatnya nunggu orang Bank kesini yah? Soalnya sudah janji sama orang Bank ketemuan disini. Oke deh. Aku udah siap-siap. Sampe jam 10 belum berangkat juga. Sabaaar sabaaar bumil kudu sabaaar. Eeeh malah berangkat jam 10.30, antara ngambek dan udah berangkat aja menunggu keberuntungan. Nyampe RS udah jam 11.30 hwaaaa udah sepi di poli kandungan, aku langsung hubungi perawat. Alhamdulillah masih diberi kesempatan yeaaay.. Padahal dokternya udah mau pulang 😭 beruntungnya dirikuuu.. Periksa dulu BB 45 waaawwww lumayan naik drastis padahal mual muntah terus, tapi beruntungnya aku mensiasati kalau malam makan, jadi setelah makan langsung tidur.. Takut mualnya keburu datang 😅 mungkin ini rahasianya BB naik di trimester pertama dengan keluhan all day sickness 😅

Masuk ruang USG, wah ternyata ketemu dr. Sulfakar lagi, padahal tadi minta ke dr. Dian aja, coba-coba dokter cewek. Masuk poli kandungan kok dr. Sulfakar lagi 😁 sempet dag dig dug dwerrr karna trauma USG kehamilan kemarin yang keguguran karna janin ga berkembang ditangani dr. Sulfakar dan pemberitahuan beliau yang agak mengecilkan hatiku bikin traima ketika bertemu beliau, tapi mencoba slow.. Ternyata dr. Sulfakar sedang dalam mood yang baik, orangnya ceria dan banyak becanda 😅 alhamdulillah rejeki bayik 🤣 alat USG itu mulai difungsikan, setelah perut ditaruh alat buat pendeteksi janin, daaaaaaan ruang USG petjaaah oleh tangisku dan tawa bahagiaku. Janinnya ada, dan normal juga SEHAT. Bahkan ukurannya lebih besar dari normalnya ukuran bayi usia 8 mingguan. Alhamdulillah alhamdulillah tsumma alhamdulillah. Nikmat di atas nikmat. Kegalauanku, kekhawatiranku kini terbayarkan..

#8w3d 

Terima kasih Allah, atas segala karunia yang begitu indah ini. Semoga engkau sshat selalu nak, detak jantungmu berdetak dengan normal serasa memompa semangat ibu untuk senantiasa mendoakanmu, mengharapkan kehadiranmu selalu. Sehat terus buah hatiku 😘😍🤗
Share:

Saturday, 25 August 2018

Hamil anak ke-4 (Flek coklat 9 hari janin sehat karena bedrest)

Hai moms n readers, sudah lama tak lagi menulis, harap maklum anak semakin banyak dan menulis semakin berkurang 😅 hari ini aku mau cerita pengalaman hamil anak ke-4 yah, HPHT bulan 1 Juli Agustus 2018, next haid biasanya maju 1 hingga 2 hari, tanggal 31 Juni, waktu itu sudah janjian untuk menghabiskan malam bersama suami *ehm.. Tapi buru-buru mengiyakan, sorenya aku sempetin nemenin adekku potong rambut, mampir lah ke apotik beli tespack murah meriah, ga tanggung-tanggung beli 10 🤣

Sore itu, pukul 17.00 jeng-jeng-jeng, aku tespack dan ternyata warna merah yang naik membentuk garis tanda positif dengan tegas. Alhamdulillah.. Itu artinya sudah masuk 4 minggu kandungan (4w).

Ga berani periksa dulu ke dokter kandungan karna kandungan masih kecil dan lebih fokus ke perbaikan gizi aja. Hehe..

Saat kandungan 5 minggu, si mual muntah langganan tiap hamil belum datang, aku masih bersyukur karena masih bisa beraktifitas, lalu pada usia kehamilan 5w2d, tepatnya setelah aku belanja di superindo, beli gurami rencananya sih buat masak-masak orang serumah (kami keluarga besar, ada mertua dan adik-adik yang tinggal sekomplek) pulang ke rumah posisi capek karna emang harus nungguin gurami dibersihkan sisiknya dan difillet, lumayan banyak sih 2kg berdiri lama setengah jam, pukul 19.00 pulang ke rumah rebahan, tiba-tiba ada aliran dari vagina, aku kaget. Aku cek ternyata darah merah segar sebanyak 1 sendok.

Benar-benar sedih, suami mencoba menenangkan, langsung cek ke dokter dan dikasih obat penguat lalu pulang, saat itu belum di usg karna belum waktunya dokter kandungan praktek, dokter bilang harus bedrest total. Aku hanya berdoa semoga janinku baik-baik saja.

Aku bedrest dari usia kandungan 5w2d sampai 6w3d, kurang lebih 9 hari, solat dengan berbaring, karena flek coklat terus keluar, ketika flek coklat keluar sedikit aku coba solat dengan duduk, dan alhamdulillah bedrest selama 9 hari membuatku flekku berhenti total. Aku bersyukur kepada Allah.

Oh ya saat kehamilanku memasuki 6w, aku mulai merasakan mual-mual dan muntah, terutama jika aktivitas di dapur ada yang menggoreng, baunya benar-benar eneg. Sekarang usia kandunganku 8 minggu tepat tanggal 26 Agustus ini. Rencana kontrol kembali kehamilan jika memasuki 12 minggu.

Moms yang mengalami flek, ada baiknya dipertahankan lebih dini dengan bedrest total. Semoga kita semua sehat, yang hamil diberikan kelancaran. Aaaamiiin.. 
Share:

Monday, 4 December 2017

Pantangan dan mitos seputar makanan ibu menyusui

Selamat nenen Pejuang ASI yang tak kenal lelah dengan segala multitaskingnya 24 jam nonstop.

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui, pasti banyak banget pantangan-pantangan dari orang tua kita yang rasa-rasanya pengen banget kita terjang semuanya.

Mulai dari tidak boleh makan yang panas-panas takut lidah bayi memutih, tidak boleh pedas-pedas takut bayi mencret, tidak boleh yang dingin-dingin takut bayi pilek.

Sehingga banyak sekali pertanyaan yang muncul di benak, semacam ketakutan, ah nanti kalau makan ini jangan-jangan begini, jangan-jangan begitu, adanya grup ini menampung pertanyaan-pertanyaan seperti, ituh!:

Bunda, Busui boleh makan durian ga?
Bunda, Busui boleh makan kelengkeng ga?
Bunda, Busui boleh makan mi instan ga?
Bunda, Busui boleh makan rambutan ga?
Bunda, Busui boleh minum kopi ga?
Bunda, Busui boleh makan beling ga? Jaran kepang buuuuuk?

Padahal, Ibu menyusui itu bukan orang sakit yang harus menghindari makanan-makanan tertentu, Ibu menyusui yang sehat itu normal kok, jadi apa aja boleh dimakan, faktanya ibu menyusui gampang banget lapar, asupan yang masuk harus sesuai, tidak dalam porsi berlebihan ga sampe kelaparan juga, seperti makan durian atau buah-buahan lainnya dalam jumlah yang tidak normal, laper apa rakus buuuk? Begitu juga dengan kopi atau mi instan, buat selingan ajah, hukumnya ga sampe haram kok, makruh aja, hihihi. Siapkan makanan dan minuman terbaik karna makanan dan minuman tersebut akan menjadi sari makanan berupa ASI yang kita berikan untuk buah hati kita, lagi pula gentong ASI itu canggih banget, pabrik susu terbaik bikinan Tuhan, ia hanya ambil zat-zat yang baik dalam memproduksi ASI dan jangan lupa amati kondisi tubuh kita sendiri dan anak yang kita susui yah.. Kalau habis minum kopi ternyata jantung kita berdebar-debar kayak pertama kali ketemu bapaknya anak-anak ya jangan diterusin, atau efeknya bayi jadi susah tidur ya mending puasa dulu deh sama kopi, kebanyakan durian akhirnya mabok, nah ini juga jangan diterusin. Bagi yang punya otot kawat balung wesi sumsum gegana, dengkul paron, daging kencana, kulit tembaga sehingga kapal selam, rondo royal, sego kucing, bakso rudal, kacang atom, kuping gajah, rawon setan, ceker setan dan lain sebagainya bisa masuk tanpa efek samping ya terjang aja buuuuk.

Trus mitosnya gimana doooong? Ntar dikirain ga nurut sama ortu? Ntar kualat?

Ya udah ambil aja positifnya bray, bagaimanapun kita tetep wajib harus kudu hormat sama orang tua atau mertua, mereka ga salah kok, cuma mereka itu emang suka main filosofi, anggap aja kita lagi ngadepin filosof, ga boleh makan pedes-pedes karna takut ntar ibunya perutnya sakit kebanyakan sambelado, ga boleh minum es takut ibunya pilek, kalau ibunya pilek si bayi rawan banget tertular, ga boleh makan rambutan atau buah-buahan kuatir kitanya kurang kenyang, maklum orang Indonesia kalau belum nasi artinya belum makan, so.. Kita tetep makan dan minum sesuka kita tapi mitos-mitos tersebut ditolak dengan cara yang anggun kepada ortu/mertua, lagi pula makan dan minum yang sesuai dengan keinginan kita itu juga termasuk booster ASI terbaik ketimbang tiap hari nyemil daun katuk dan melati atau konsumsi suplemen pelancar ASI.

Happy breastfeeding mommy-mommy,
Salam nenen..

Share:

Thursday, 22 December 2016

Adib, kamu jagoanku!

Pengalaman pertama menjadi Wali Murid, sebelum kelahiran Sakti beberapa bulan lalu H-3 kelahiran Sakti adalah saat pertama Adib mulai bersekolah, Adib masuk Play Grup Al-Azhar Mojokerto, berbagai kerempongan mulai dirasakan, terutama saat adiknya lahir, membagi waktu antara membuat bekal makan Adib dan juga menjaga adiknya yang masih butuh banyak perhatian, untungnya tugas memandikan anak-anak (Adib & Lana) dan mengantar sekolah sudah dihandle oleh bapaknya, jadi jam 8 pagi selesai sudah masak-masak mak koki payah, daaan aku sudah bisa me time dengan bayi.
Waktu terus berjalan dan tidak terasa perkembangan Adib begitu pesat, mulai dari menghafal surat-surat pendek dalam Juz Amma, memahami huruf (di sekolahnya gak ada calistung), hari-hari Adib begitu riang, dia bernyanyi dan adiknya Maulana diajarkan beberapa hafalan hadis dan lagu-lagu yang Adib dapat dari sekolah, dia sangat bersemangat untuk sekolah, alhamdulillah yang ini niru emaknya banget (yang baik-baik diakui, hahah)
Sampailah pada penghujung semester, dan waktunya ambil rapot, ini adalah pengalamanku pertama kali mengambil rapot, bapaknya gak ikut karna bapaknya jadi panitia Jalan Sehat Harlah Al-Azhar di sekolahnya Adib, perasaanku waktu itu biasa aja karna aku selalu berharap kebaikan menyertai anak-anakku, kalaupun prestasi akademis aku tidak memaksa, tibalah saat pengambilan rapot, gurunya berpesan banyak, juga menjelaskan perkembangan Adib selama di sekolah, Bu Am menceritakan kalau Adib anaknya pendiam, menurut tapi cerdas dalam menerima informasi, gambarnya bagus-bagus dan supel dengan temannya, kabar baiknya, meskipun Adib bahasa kesehariannya adalah bahasa Kromo (Bahasa Jawa halus dan sopan) tapi mampu berinteraksi dengan teman-temannya yang lain, jadi kalau bersama teman-temannya Adib memakai Bahasa Indonesia, tapi kalau dengan yang lebih tua darinya Adib pakai bahasa Kromo, rapot aku lihat juga semuanya mencapai target yang harus dicapai sesuai perkembangan usianya, ada beberapa kode yang harus dicentang di rapor Adib, di antaranya adalah: BB (Belum berkembang), B (Berkembang), M (Mampu)
Dan rapor Adib yang dicentang BB hanya 3 centangan saja, aku bersyukur alhamdulillah.. Semoga Adib makin semangat mencari ilmu, dan mengejar ridlo guru-gurunya :)
Share:

Copyright © Adib's Mom | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com