Tuesday, 23 October 2018

No comments  |  

Mengetahui Jenis Kelamin Bayi USG 16 Minggu

#16w2d

Yang ditunggu-tunggu telah tiba, kehamilan memasuki bulan ke-4, mengapa aku menunggu saat ini? Sekedar berharap bulan ke-4 ini mual muntah hilang dan lebih enjoy menikmati kehamilan. Tapi apalah daya kalau hormon hcg-nya masih naik, jadi belum hilang sama sekali mual-mualnya, bersyukur muntah-muntah berkurang drastis, terkadang harus mengatur waktu yang tepat untuk makan dan beristirahat agar tetap sehat dan tidak mual berkepanjangan.

Selain menanti saat mual itu hilang, yang juga kunanti adalah saat kontrol, yeaaaaay. Sebelumnya aku ada janji facial sama terapis, karena hamil kali ini hormonnya wawwww. Bikin jerawatan seluruh muka, padahal hamil sebelumnya ga pernah separah ini jerawatnya, wajahku juga tipe-tipe jarang jerawatan. Kata Mbak Terapisnya ga ada obat jerawat buat ibu hamil, jadi disuruh menikmati aja jerawat dan bruntusan, Mbak Terapis cuma berani totok aura ajah tanpa berani kasih laser atau infrared seperti facial biasanya dan dikasih masker dari gandum, itupun tidak bisa mengembalikan wajahku yang aslinya mulus dan ga jerawatan. Oh ma fesssss 😭😭😭

Baiklah, lupakan urusan jerawat. Facial selesai jam setengah 10 pagi dan langsung cuss berangkat ke RS Mutiara Hati buat kontrol, sampe sana jam 10.30, dapet antrian no. 27 dan ternyata aku pasien terakhir yang antri 😅 alhamdulillah deh dr. Sulfakar masih mau memberikan pelayanan sama pasiennya yang lelet ini 😂 *kontrol bulan kemaren janjian jam 10 dateng jamm setengah 12 😂

Tensi normal 110/70, dan berat badan naik jadi 44 yeaaaaaayyy. Baru kali ini hamil trimester kedua tembus 44 kg 🤣 hamil pertama sampe ke 4 mau lahiran bb 45, itu 40 minggu buuuuk dan cumak naik 5 kilo aja dari bb sebelum hamil. Subhanallah banget hamil kali ini, banyak jerawat dan banyak hikmahnya. Wkwk 🤣

Masuk ruang USG, seneng banget dr. Sulfakar udah senyum dengan ramah melayani pasien "Gimana mbak? Masih ada keluhan?", aku jawab "Sudah tidak ada dokk.. Alhamdulillah sehatt"  semangat jawabnya kayak anak-anak TPQ mau ngaji, itu kebawa semangat bahagia dapet slot periksa pasien, biasanya emang musti telfon dulu sih kalau mau ke Mutiara Hati, karena yang antri banyak. Tapi dalam perjalanan banyak doa Ya Alloooh kasih aku slot di Mutiara Hati ya Alloooh 😁 eh terkabul doaku 😁 oh ya, dalam perjalanan itu aku juga komunikasikan ke baby, "Nak, nanti Bapak sama Ibu dikasih tau yah kamu cewek apa cowok, biar bisa siap-siap nama mulai sekarang"

Layar USG terpampang, daaaaan heyyyyy itu kamu nak



Dr. Sulfakar: "Ini nih anaknya Mbak, wah alhamdulillah sempurna yah, sudah bagus, ini jari tangan, ini jari kaki, widih tangannya ke atas nih (posisi tangan baby melambai-lambai kaya kasih kode "assalamualaikum ibuk, ini aku")", eh anak ke berapa ini lupa aku?"
Aku: "Anak ke-4 dok"
Dr. Sulfakar: "Masih mau nambah?"
Aku: "Iya dong" (Lalu kami tertawa bareng)
Dr. Sulfakar: "Yaa harus gitu dong, banyak anak. Semangat mumpung masih muda"
Aku: "Dok, cewek apa cowok"
Dr. Sulfakar: "Bentaaar lagi nyarik nih. Oh cewek Mbak"
Aku: "Beneran dok?"
Dr.  Sulfakar: "Iyaa beneran cewek nih. Insya Allah"
Aku: "Alhamdulillah, anakku yg 1-3 cowok, Dok"
Dr. Sulfakar: "Wiiih bagus itu, ntar punya anaknya sampe 7 yah"
Aku: "Yaa kalau dikasih lebih dari itu juga mau dok"
(Kami tertawa bareng lagi)


detak jantung normal 😊 duh jadi ikutan dag dig dug denger detak jantung bayi



Hasil USG
  • FL (Femur Length): ukuran panjang tulang paha bayi = 2,24 cm
  • GA (Gestational Age): perkiraan umur kehamilan = 16w5d
  • EDD (Estimated Delivery Date): perkiraan persalinan = 04-05-2019
  • AC (Abdominal Circumferencial): ukuran lingkaran perut bayi = 9,54 cm
  • HC (Head Circumferencial): lingkaran kepala = 4,39 cm 
  • BPD (Biparietal diameter): ukuran tulang pelipis kiri dan kanan = 3,52m cm
  • EFW (Estimation Fetal Weight): perkiraan berat bayi = 148 gr

Sementara suami speechlesss melihat putrinya bergerak-gerak di layar, sambi mengabadikannya dengan video di hapenya 🤗 seriusan yah yang namanya feeling seorang suami itu kuat banget, dari awal aku ngeluh tentang jerawatku yang makin banyak, dia sih slow jawabnya "ibu hamil itu cantik  kamu tetep cantik kok, namanya juga hamil anak cewek"  waktu aku ngeluh telingaku kayak infeksi gatal terus suami slow jawabnya "yang sabar, nantik diobatin, namanya juga hamil anak cewek", waktu ngeluh muntahnya parah banget dia jawabnya "kehamilan 1 sampai 3 ga sampe begini lo dek, yang ini pasti cewek"  begitu terus dan terjawab feelingnya hari ini tepat (untuk sementara) hihihi . Namanya juga prediksi manusia, tapi tetep aja yakin nih baby bakalan lahir cantik 😘

16w2d, It's Baby Girl, mirip siapa yah? :D


Setelah itu cek lab, alhamdulillah hasilnya juga normal semuanya.. Nantikan ibu kembali 1 bulan lagi ya nak, sehat selalu..


No comments  |  

Mengabadikan Hasil Tespack di Setiap Kehamilan

Siapa yang suka koleksi tespack, ngacuuung? *ceritanya cari temen

Aku dong suka koleksi tespack 😂 bagiku yang lebay ini, kehamilan adalah momen begitu indah, dimana aku menemukan bukti keajaiban Tuhan. Berupa rahim yang dihuni calon makhluk penghuni dunia. Jadi, apapun yang berkaitan dengan kehamilan dan tumbuh kembang anak sebisa mungkin aku abadikan, termasuk dengan membuat blog ini yang menceritakan tentang kehamilan dan tumbuh kembang anakku. Oh ya, ini dia penampakan koleksi tespackku 😂


Di foto itu ada 6 tespack, yang ke-6 adalah anak ke-4 karena ke-4 dan ke-5 aku mengalami keguguran spontan dan tanpa dikuret di usia 6w-7w, kehamilan pertama mungkin karena masih serba baru, pengantin baru yang menikah 3 bulan dan mendapati pertama kali terlambat haid 1 minggu, beli tespack merk sensitif yang model stick, harga Rp. 45.000,- tanpa dicelup-celup, hanya dipipisi ajah dan alhamdulillah garis 2 langsung, kebahagian yang sempurna saat itu saat cinta pertama dalam pernikahan hadir. Dialah anakku: Adib Muhammad Dzulqurnain Danuwijaya

Kehamilan ke-2 udah ga pake stik-stikan lagi, tapi menghabiskan banyak tespack pemirsaaah.. Yang di atas itu belum yang negatif-negatif yah aku buang, yang positif aku simpen 😂, waktu itu ada 9 tespack negatif yang terbuang di sampah karena telat 1 bulan tapi dites negatif, akhirnya ditunggu bulan berikutnya tau-tau positif meskipun samar-samar.. Yah hasil tespack anak kedua saat itu sampai 5x dan dengan tespack andalan murmer yaitu one made yang harganya seribu limaratus 😌 terakhir buat meyakinkan karna hasil samar terus, beli yang sensitif seharga Rp. 15.000,- alhamdulillah garisnya mulai tegas 😁

Kehamilan ketiga agak lucu, beli tespack sama adekku yang laki-laki karna waktu itu aku lagi pulang kampung dan telat 3 hari, anakku yang kedua rewel terus gak mau disusui, terus emak bilang "jangan-jangan kamu hamil", dengan wajah sewot emak berkata seperti itu, kenapa pake sewot? Karna usia Adib Maulana Assufi  Hadikusuma saat itu masih 16 bulan pemirsah dan emak kasian lihat anak bayi-bayi udah mau punya adek. Akhirnya cuss ngajak adek cowok ke apotik, dia bilang sini tak belikan aja obatnya namanya apa sih? Aku bilang udah anterin aja napa sih, akhirnya beli tespack 5 biji dengan harga yang agak naik dikit seribu delapan ratus rupiah. Adekku tak suruh nunggu di luar, malu dong kan dia masih remaja dan jomblo lagi, masak udah liat adegan emak-emak gendong sama gandeng 2 anak beli tespack. Pulang ditespack jam 10an hasilnya 2 garis, besoknya dites lagi sudah garis tebel lagi. Bilang ke emak, emak cuma bilang gini "giat banget sih bikin anak", wakakak pingin ketawa tapi takut durhaka, dan lahirlah anak ketiga Muhammad Syarif Sosrokartono.

Kehamilan ke-4 dan ke-5 tespack di usia kehamilan 4 minggu, artinya belum datang haid sudah aku tespack, yang ke-4 hasilnya samar-samar dengan tespack yang murah pulak #TeamOneMade seminggu kemudian pendarahan, usg sudah abortus spontan, 3 bulan kemudian tespack positif dengan 2 garis terang di usia 4w, 2 minggu kemudian pendarahan hebat, usg masih ada kantung janin tapi divonis janin tidak berkembang dan keguguran usia 7weeks.

Kehamilan ke-6 sama tespacknya usia 4w, dan lagi-lagi beli sama adek cowokku karna kebetulan aku mau traktir dia makan atas keberhasilannya lulus kuliah, setelah itu aku ajak dia mampir apotik beli tespack, gak tanggung-tanggung aku beli 20 pcs pemirsah, mon maap lagi kalap.. Rencana buat bulan depan depannya lagi dah, harganya teteupp yaa #TeamOneMade setia dengan harga seribu limaratus.. Trus nungguin adekku potong sama creambath di salon karna rambutnya udah kayak sarang burung, nah namanya emak-emak nih ya.. Di salon kebelet pipis, eh sekalian deh numpang nge-testpack di salon.. Yharobbb kayak ga ada waktu lagi yak 😖 jam 5 sore, ada wadah ga kepake di kamar mandi (bekas tutup botol obat pel) dijadikan media tampung urin hiyaa hiyaaa hiyaaaa.. Dan udah dicelupin gitu ajah aku tinggal pipis sama cebok. Pas liat hasilnya, langsung istighfar.. Hah? Positif langsung 2 garis. Dan waktu hamilnya adalah cuma melewati 1 siklus haid setelah keguguran. Seneng dong pulang dari salon senyun-senyum, ketemu suami ditanya "udah acara makan-makannya sama adek?" udah dong, trus aku tunjukin tuh tespack.. Eh orangnya girang banget. Cqiqiqiqi.. Iya lah.. Dan sekarang aku menjalani kehamilan yang ke-6 ini tepat sekarang usia 16 minggu 2 hari..

Selain koleksi tespack, gak ketinggalan koleksi foto-foto usg anak 1-4, yeaaaaay.. Emakmu rajin sekali naaak..


Saturday, 13 October 2018

No comments  |  

Hyperemesis (bag. II)

Usia kandungan masuk 14w1d tanggal 8 Oktober 2018 kepala sakit banget dan ga bisa ditahan, frekuensi muntah sudah jauh berkurang, sehari 2x, sampe malem kepala makin sakit dan muntah-muntah lagi kali ini muntah disertai darah merah, badan lemes dan nangis terus saking ga tahan sakitnya, mana badan demam dan tenggorokan sakit, dada makin sesak, akhirnya ke RSI Sakinah, dan diperiksa juga konsultasi ke dokter kandungan akhirnya keputusan dokter harus opname. Yeaaaah opname kedua kalinya ini deh


Masuk jam 12 malem, ga bisa tidur sampe jam 3 karna memang katanya dokter sakit kepala berasal dari penyakit asam lambung yang naik, jadi ga dikasih obat pusing. Cuma dikasih obat lambung. Tidur jam 3.30 terbangun jam 6, jam 7 dianter bubur sama susu sapi. Karena tenggorokan lagi sakit banget aku habiskan 1 gelas susu sapi, tapi ga ada 1 menit udah muntah lagi, dan muntahnya di lantai 😅 ga sempet ke kamar mandi sih ribet sama infus sama kepala yang masih sakit. Akhirnya dibersihkan sama cleaning service. Setelah itu makan sedikit-sedikit bubur putih, itupun cuma bisa masuk 2 sendok sudah datang lagi mualnya.

Perawat datang jam 10, suntik obat lagi sama persiapan jam 12 dianter ke poli kandungan buat usg dan ngecek si bayik. Otw poli pake kursi roda karna, dih diliatin orang banyak kayal orang lagi sakit apaa gitu. Nih body udah kayak cicak pucet dan kurus banget. Setelah masuk poli langsung di usg sama dokter kesayangan dr. Ida. Alhamdulillah baby baik-baik aja cuma gerakannya ga begitu aktif. Pas usg dia posisinya telungkup gitu deh, trus kakinya nendang-nendang ke belakang lucu banget 😂😂😂



Yeaaaay bahagia dong, balik ke kamar trus ngamati hasil usg, eh ada yang aneh.. Di usg tertulis berat badan janin kok sudah 429 gram 😱😱😱 padahal Uk 14 minggu, seharusnya masih sekitaran 43 gram, ih kenapa tadi ga tanya ke dokternya 😔

Gapapa deh yang penting sehat semuanya, detak jantung baby juga normal. Rabo sudah mulai enakan dan udah ga muntah bahkan mual sama sekali, seneng banget deh.. Aku tanya sama perawat kapan boleh pulang? Jawabnya nanti sore sudah boleh pulang. Yessss.. Tau ga apa yang terpikir saat dikasih tau boleh pulang? Langsung telfon adekku aku suruh bawa make up aku sama kutek 😅 diih sempet banget yah 😂😄


Nganggur banget yak 😅 mau pulang aja kutekan sama make up an dulu 😄 udah dilepas infus, eh jatah makan dateng sama snacknya. Sudah aku suruh bawa ke dapur ajah katanya gapapa mbak dimakan ajah nanti di rumah tinggal minum obat, ih bener juga. Akhirnya makan dulu di kamar


Makannya habisss pemirsaaah.. Haha lagi doyan makan, sementara suami ngurusin administrasi RS. Pamit pulang sama mbak-mbak perawat yang baik-baik, murah senyum dan perhatian banget sama pasien. Lepas gelang

Kata emak, nih pergelangan tangan apa batang potlot sih? Kurus amat 😑
Setelah pulang clingak-clinguk depan kamar kok sandalku ga ada? Rupanya ga kebawa dan tertinggal di IGD waktu tindakan pertama kali masuk, yeaaah nyekermeeeeen 👣 mampir toko sepatu isabella buat beli sandal, ditanya sama mbak pramuniaga "lah sandale ngendi mbak kok nyeker?" (sandalnya mana kok tanpa alas kaki?"," ilang mbak waktu sambang di RS, makanya mampir kesini) 😄

Pengalaman kehamilan memang unik setiap ibu hamil. Semoga kita semua bisa bersabar dan bersyukur dalam menjalani kehamilan 😘😘😘

Sunday, 16 September 2018

No comments  |  

Usia Kehamilan 11 Minggu Merasakan Pergerakan Janin

Hai moms. Usia kandunganku saat ini tepat 11 Minggu (160918), alhamdulillah seneng banget, sekarang baby dalam perut sudah bergelar janin karena semua organ tubuhnya sudah lengkap, yeaaay seneng banget. Tanggal 13 September kemarin aku kontrol ke RSI. Sakinah sesuai jadwal, dapet nomer urutan 1. Dokter Ida datang pukul 10.30 dan langsung diperiksa ke ruang USG dan ini diaaa hasilnyaa

USG 2D, UK 10w3d
Usia kehamilan sebenarnya 10w3d, tapi hasil USG menunjukkan usianya 10w1d, wah agak mengecil yah, tapi kata dokter aman.. Karena ukurannya sesuai dan bayinya sehat, jantungnya berdetak normal dan geraknya aktif saat terlihat di layar USG, waktu perjalanan berangkat ke RSI sakinah sempet minggir dulu berhenti di POM Bensin, muntah dulu :p berjalan terhuyung-huyung masuk poli kandungan, waktu ditensi tensi darah rendah 90/60, tapi begitu ngeliat baby di layar USG mendadak mual dan pusing hilang, tergantikan oleh senyum ceria. Xixxixi

Sekarang UK masuk 11 minggu dan aku merasakan pergerakannya yang aktif di rahim, mungkin karena ini kehamilan yang ke-4 jadi aku lebih peka merasakan gerakan janin dalam rahim, semoga kamu sehat terus yah nak. Pesen dr. Ida, obat mual diminum kalau mual bangeeeet dan lebih baik menghindari obat-obatan sekalipun itu obat mual, alhamdulillah masuk UK 11 ini mual agak berkurang, paling sehari muntah 2-3x, lemes-lemes juga udah mulai minggat, tapi sensitif bau dapur masih belum enyah, dapurku sepertinya bersawang udah 2 bulan ga aku tengokin, hahah.. Berharap tetap sehat selalu sampai bisa beraktifitas kembali, tunggu perjuangan 6 bulan ke depan. Tetap semangat, Nak! Ibu bangga dan sayang padamu 😍😘

Saturday, 1 September 2018

No comments  |  

Hyperemesis

Kehamilan merupakan keniqmatan yang haqiqi apalagi kalau disertai mual muntah 🤣👌 momen dimana seorang ibu berjuang untuk tetap mencoba memasukkan makanan dan minuman dengan penuh was-was 😭 bayangin, mual muntah karena sakit maag aja tersiksa pakai banget, belum lagi mual kehamilan yang sampai trimester pertama atau bahkan sampai trimester kedua, belum lagi sensitif sama bau-bauan.

Yah begitulah penggambaranku saat hamil pertama sampai ke-4 ini 😁 sensitif sama bau-bau wangi sabun, shampoo, parfum, bedak, make up 😣 dan yang paling parah sensitif sama bau minyak buat goreng 😭 jadi untuk sementara aktivitas dapur hiatus 😁 dan ga berani sama sekali ke dapur, karena masuk dapur sekali muntahnya bisa berkali-kali 😷😷😷

Hari kamis tgl 30-08-18 kemarin bangun tidur dalam keadaan mual banget, cuma bisa rebahan, kadang nungging, dan muntah sampe 3x, jadi ceritanya minum segelas trus muntah, minum setengah gelas trus muntah lagi, minum 3 tegukan pun muntah, trus ngemut permen, muntah juga. Minum air lagi, muntah lagi. Sampai 5x

Karena perut kosong, laper tapi mual, akhirnya pingin makan yang kuah panas-panas sama es, pesen via gojek sup tulang rusuk sama es degan, makanan datang dan semangat menyantap, habislah satu mangkok sama es, alhamdulillah.bisa masuk semua, mual hilang. Tapiii 30 menit kemudian si mual datang dan udah ga bisa ditahan lagi buat ga muntah, daaan keluar semua deh 😁 muntah ke 6, setelah itu jarak 5 menit muntah lagi, meskipun tinggal cairan-cairan bercampur darah, minum air lagi dan muntah lagi sampe 7x, udah lemes bangeeet capek bolak balik ke kamar mandi, akhirnya muntah di tempat 😷 sampe total muntah 11x baru akhirnya dikirim sama suami ke IGD dan langsung diputuskan harus opname.. Diiih lagi dan lagi.. Harus ngamar..

RSI Sakinah, Ruang Bisri 107

Semalem langsung digrojok sampe 3 cairan infus, tapi lemesnya masih belum hilang, mualnya juga awet, tapi muntah sudah berkurang, 2-3x sehari.. Hari kedua masih belum kuat juga buat berdiri 😭 tapi hari kedua itu udah langsung di USG sama dr. Ida, bersyukur banget janin sehat-sehat saja. Sempat kepikiran ya Allah..

Uk 8w6d USG 3d RSI Sakinah

Saat USG, usia kehamilan sudah masuk 8w6d, alhamdulillah sehat normal dan ukurannya sesuai. Udah koleksi 2 foto ajah dalam seminggu di Rumah Sakit yang berbeda 😅 sayang di RSI Sakinah belum ada USG 4 dimensi, semoga segera diadakan pihak RSnya 😍 soalnya udah jatuh cinta sama pelayanan di RSI Sakinah yang semakin baik dan profesional, dan lagi anak pertama sampai ke-3 semuanya ditangani di RSI Sakinah Mojokerto jadi semacam udah berchemistry gitu eaaaaaa.. Paan sih RS pake chemistry segala 😅

Menu yang sesuai dengan request pada ahli gizi 😊

Udah sampe hari minggu ini masih disini, yang nunggui suami dan 3 superku, Adib Lana Sakti 😅 tapi lumayan disini ga bau dapur, bisa tidur nyenyak di hari ke 2 😊 semoga bisa cepet pulangggg

Sambil memantau perkembangan Asian Games 2018 😎

Menikmati hujan pertama di bulan Agustus 😍 di rumah sakit :(

Wednesday, 29 August 2018

No comments  |  

USG Pertama Anak ke-4

Hari ini tanggal 29 Agustus 2018, dikabari Ning Ilmi kalau ada dokter cewek di RS. Mutiara Hati, seneng dong yah. Dokter kandungan cewek di Mojokerto kan jarang ada.

Chat pagi ini 😅🤣

Langsung kirim SS chat ke suami yang lagi di kantor, suami mengiyakan tuk fix berangkat sekarang, sebelumnya aku telfon dulu untuk memastikan masih ada antrian atau tidak, alhamdulillah masih ready antrian no. 35 😅 tapi mbak perawatnya bilang datang sebelum jam 10.00, aku mengiyakan. Nah, kata suami berangkatnya nunggu orang Bank kesini yah? Soalnya sudah janji sama orang Bank ketemuan disini. Oke deh. Aku udah siap-siap. Sampe jam 10 belum berangkat juga. Sabaaar sabaaar bumil kudu sabaaar. Eeeh malah berangkat jam 10.30, antara ngambek dan udah berangkat aja menunggu keberuntungan. Nyampe RS udah jam 11.30 hwaaaa udah sepi di poli kandungan, aku langsung hubungi perawat. Alhamdulillah masih diberi kesempatan yeaaay.. Padahal dokternya udah mau pulang 😭 beruntungnya dirikuuu.. Periksa dulu BB 45 waaawwww lumayan naik drastis padahal mual muntah terus, tapi beruntungnya aku mensiasati kalau malam makan, jadi setelah makan langsung tidur.. Takut mualnya keburu datang 😅 mungkin ini rahasianya BB naik di trimester pertama dengan keluhan all day sickness 😅

Masuk ruang USG, wah ternyata ketemu dr. Sulfakar lagi, padahal tadi minta ke dr. Dian aja, coba-coba dokter cewek. Masuk poli kandungan kok dr. Sulfakar lagi 😁 sempet dag dig dug dwerrr karna trauma USG kehamilan kemarin yang keguguran karna janin ga berkembang ditangani dr. Sulfakar dan pemberitahuan beliau yang agak mengecilkan hatiku bikin traima ketika bertemu beliau, tapi mencoba slow.. Ternyata dr. Sulfakar sedang dalam mood yang baik, orangnya ceria dan banyak becanda 😅 alhamdulillah rejeki bayik 🤣 alat USG itu mulai difungsikan, setelah perut ditaruh alat buat pendeteksi janin, daaaaaaan ruang USG petjaaah oleh tangisku dan tawa bahagiaku. Janinnya ada, dan normal juga SEHAT. Bahkan ukurannya lebih besar dari normalnya ukuran bayi usia 8 mingguan. Alhamdulillah alhamdulillah tsumma alhamdulillah. Nikmat di atas nikmat. Kegalauanku, kekhawatiranku kini terbayarkan..

#8w3d 

Terima kasih Allah, atas segala karunia yang begitu indah ini. Semoga engkau sshat selalu nak, detak jantungmu berdetak dengan normal serasa memompa semangat ibu untuk senantiasa mendoakanmu, mengharapkan kehadiranmu selalu. Sehat terus buah hatiku 😘😍🤗

Saturday, 25 August 2018

No comments  |  

Hamil anak ke-4 (Flek coklat 9 hari janin sehat karena bedrest)

Hai moms n readers, sudah lama tak lagi menulis, harap maklum anak semakin banyak dan menulis semakin berkurang 😅 hari ini aku mau cerita pengalaman hamil anak ke-4 yah, HPHT bulan 1 Juli Agustus 2018, next haid biasanya maju 1 hingga 2 hari, tanggal 31 Juni, waktu itu sudah janjian untuk menghabiskan malam bersama suami *ehm.. Tapi buru-buru mengiyakan, sorenya aku sempetin nemenin adekku potong rambut, mampir lah ke apotik beli tespack murah meriah, ga tanggung-tanggung beli 10 🤣

Sore itu, pukul 17.00 jeng-jeng-jeng, aku tespack dan ternyata warna merah yang naik membentuk garis tanda positif dengan tegas. Alhamdulillah.. Itu artinya sudah masuk 4 minggu kandungan (4w).

Ga berani periksa dulu ke dokter kandungan karna kandungan masih kecil dan lebih fokus ke perbaikan gizi aja. Hehe..

Saat kandungan 5 minggu, si mual muntah langganan tiap hamil belum datang, aku masih bersyukur karena masih bisa beraktifitas, lalu pada usia kehamilan 5w2d, tepatnya setelah aku belanja di superindo, beli gurami rencananya sih buat masak-masak orang serumah (kami keluarga besar, ada mertua dan adik-adik yang tinggal sekomplek) pulang ke rumah posisi capek karna emang harus nungguin gurami dibersihkan sisiknya dan difillet, lumayan banyak sih 2kg berdiri lama setengah jam, pukul 19.00 pulang ke rumah rebahan, tiba-tiba ada aliran dari vagina, aku kaget. Aku cek ternyata darah merah segar sebanyak 1 sendok.

Benar-benar sedih, suami mencoba menenangkan, langsung cek ke dokter dan dikasih obat penguat lalu pulang, saat itu belum di usg karna belum waktunya dokter kandungan praktek, dokter bilang harus bedrest total. Aku hanya berdoa semoga janinku baik-baik saja.

Aku bedrest dari usia kandungan 5w2d sampai 6w3d, kurang lebih 9 hari, solat dengan berbaring, karena flek coklat terus keluar, ketika flek coklat keluar sedikit aku coba solat dengan duduk, dan alhamdulillah bedrest selama 9 hari membuatku flekku berhenti total. Aku bersyukur kepada Allah.

Oh ya saat kehamilanku memasuki 6w, aku mulai merasakan mual-mual dan muntah, terutama jika aktivitas di dapur ada yang menggoreng, baunya benar-benar eneg. Sekarang usia kandunganku 8 minggu tepat tanggal 26 Agustus ini. Rencana kontrol kembali kehamilan jika memasuki 12 minggu.

Moms yang mengalami flek, ada baiknya dipertahankan lebih dini dengan bedrest total. Semoga kita semua sehat, yang hamil diberikan kelancaran. Aaaamiiin..